RENCANA PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMPN 1 Ngasem
MATA PELAJARAN : Bahasa inggris
KELAS/SEMESTER : VII/1
MATERI POKOK : Teks Descriptive
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.10. Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan sangat pendek dan
sederhana.
4.13. Menyusun teks deskriptif lisan, sangat pendek dan sederhana, tentang binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
C.
Indikator:
a. Menyampaikan teks descriptive secara lisan
tentang binatang dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
dengan konteks.
b. Menyampaikan teks descriptive secara lisan
tentang binatang dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
dengan konteks.
Pertemuan Pertama
Siswa dapat:
1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
Pertemuan kedua
3. Menyampaikan teks descriptive secara lisan
tentang binatang dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
dengan konteks.
4. Menyampaikan teks descriptive secara lisan
tentang binatang dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai
dengan konteks.
D. Materi Pembelajaran
Fungsi sosial:
1. Menjaga hubungan interpersonal
dengan guru dan teman
2. Memberi informasi tentang orang, binatang
dan benda-benda di sekitar melalui ciri-ciri yang dimiliki.
Generic Structure of the Text.
1. Adjectives (funny, tall, thin, wide eyes,wild)
2. Adjective phrases ( curly hair, stright
hair, black eyes)
3. Simple Present Tense
E. Metode Pembelajaran
Using Jigsaw
F.
Media Pembelajaran
LCD, Pictures, Descriptive text
G. Sumber Belajar
1. When English Rings the Bell
2. Sumber lain yang relevan
H. Langkah – langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
a. Berdoa
b. Bernyanyi “Good Morning” atau memberi
motivasi.
c. Guru menunjukan tujuan pembelajaran
d. Mengevalusai materi pembelajaran
sebelumnya.
Kegiatan Inti
Siswa
|
Guru
|
|
PERTEMUAN I
|
||
Observing
|
||
1.
Siswa
mengamati gambar yang disajikan dalam slide atau poster dan menyebutkan nama
dan kata sifat yang melekat padanya
|
1. Guru memberikan sebuah gambar tentang
binatang.
|
|
Questioning
|
||
2.
Siswa
menebak gambar binatang dengan benar.
|
1. Guru memberikan teka teki tentang
binatang sekitar kita, dengan memberikan “clues” untuk ditebak siswa.
Expected questions:
Is it animal?
Does he have a long nose?
Does he eat meat?
2. Memberikan reward bagi siswa yang
berhasil menebak
|
|
Networking
|
||
3.
Siswa
bekerja kelompok untuk mengidentifikasi sifat gambar yang disajikan, dan
siswa berpindah ke kelompok lain sesuai kesamaan angka tiap-tiap kelompok.
|
3. Guru mengkondisikan kelas.
|
|
4.
Siswa
mampu menceritakan kembali hasil diskusi ke kelompok awal sesuai dengan
gambar yang telah disajikan secara lancar dan berterima.
|
4. Guru memberi penilaian autentik terhadap
kelompok yang meng sharingkan hasil diskusi dengan kelompok lain.
|
|
Comunicating
|
||
5.
Siswa
dalam grup yang di tunjuk oleh guru harus dapat menjawab pertanyaan dengan
lisan yang telah disediakan secara berterima.
|
5.
Guru
memberi penilaian terhadap pendapat siswa dengan membandingkan pendapat dari
kelompok lain.
|
|
Kegiatan
Penutup
1. Guru bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
2. Melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran,
4. Memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai materi pembelajaran yang dipelajari peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
I.
Rubric Penilaian
Speaking
|
|||||
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Skor 1-3
|
||
Fluency
|
accuracy
|
pronunciation
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kreteria Penilaian:
Fluency dengan skor :
3, jika pembicaraan lancar tanpa banyak jeda.
2, jika pembicaraan sering terjadi jedah.
1, jika pembicaraan tidak berlanjut.
Accuracy dengan skor :
3, jika seluruh percakapan akurat.
2, jika pembicaraan ada jeda.
1, jika pembicaraan stop.
Pronunciation dengan skor :
3, jika jelas dan tepat.
2, sebagian tidak jelas atau tidak tepat.
1, jika tidak jelas atau tidak tepat.
Kediri,
30 Mei 2014
Mengetahui:
Kepala Sekolah Guru
Bahasa Inggris
-------------------------- -----------------------------
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar