Rabu, 23 Juli 2014

contoh RPP kelas VII semester 1

RENCANA PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN               : SMPN 1 Ngasem
MATA PELAJARAN                      : Bahasa inggris
KELAS/SEMESTER                       : VII/1
MATERI POKOK                          : Teks Descriptive
ALOKASI WAKTU                       : 2 x 40  menit


A.       Kompetensi Inti (KI)

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.10. Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan sangat pendek dan  sederhana.
4.13.      Menyusun teks deskriptif lisan, sangat pendek dan sederhana, tentang binatang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

C.       Indikator:
a.    Menyampaikan teks descriptive secara lisan tentang binatang dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai dengan konteks.
b.    Menyampaikan teks descriptive secara lisan tentang binatang dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai dengan konteks.

Pertemuan Pertama
Siswa dapat:
1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
Pertemuan kedua
3.      Menyampaikan teks descriptive secara lisan tentang binatang dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai dengan konteks.
4.      Menyampaikan teks descriptive secara lisan tentang binatang dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai dengan konteks.

D.      Materi Pembelajaran
      Fungsi sosial:
1.      Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
2.      Memberi informasi tentang orang, binatang dan benda-benda di sekitar melalui ciri-ciri yang dimiliki.
      Generic Structure of the Text.
1.    Adjectives (funny, tall, thin, wide eyes,wild)
2.    Adjective phrases ( curly hair, stright hair, black eyes)
3.    Simple Present Tense


E.       Metode Pembelajaran
Using Jigsaw
F.        Media Pembelajaran
LCD, Pictures, Descriptive text
G.      Sumber Belajar
1.      When English Rings the Bell
2.      Sumber lain yang relevan

H.      Langkah – langkah Pembelajaran

Pendahuluan
1.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
a.    Berdoa
b.    Bernyanyi “Good Morning” atau memberi motivasi.
c.    Guru menunjukan tujuan pembelajaran
d.    Mengevalusai materi pembelajaran sebelumnya.
Kegiatan Inti
         Siswa
Guru
PERTEMUAN I
Observing
1.    Siswa mengamati gambar yang disajikan dalam slide atau poster dan menyebutkan nama dan kata sifat yang melekat padanya
1.      Guru memberikan sebuah gambar tentang binatang.
Questioning
2.    Siswa menebak gambar binatang dengan benar.



1.      Guru memberikan teka teki tentang binatang sekitar kita, dengan memberikan “clues” untuk ditebak siswa.
Expected questions:
Is it animal?
Does he have a long nose?
Does he eat meat?
2.      Memberikan reward bagi siswa yang berhasil menebak
Networking
3.    Siswa bekerja kelompok untuk mengidentifikasi sifat gambar yang disajikan, dan siswa berpindah ke kelompok lain sesuai kesamaan angka tiap-tiap kelompok.


3.      Guru mengkondisikan kelas.
4.        Siswa mampu menceritakan kembali hasil diskusi ke kelompok awal sesuai dengan gambar yang telah disajikan secara lancar dan berterima.

4.      Guru memberi penilaian autentik terhadap kelompok yang meng sharingkan hasil diskusi dengan kelompok lain.
Comunicating
5.        Siswa dalam grup yang di tunjuk oleh guru harus dapat menjawab pertanyaan dengan lisan yang telah disediakan secara berterima.
5.   Guru memberi penilaian terhadap pendapat siswa dengan membandingkan pendapat dari kelompok lain.


 Kegiatan  Penutup
1.    Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
2.    Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
3.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.    Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai materi  pembelajaran yang dipelajari peserta didik.
5.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

I.         Rubric Penilaian
Speaking
No

Nama

Aspek yang dinilai
Skor 1-3
Fluency
accuracy
pronunciation







































Kreteria Penilaian:
Fluency dengan skor :
3, jika pembicaraan lancar tanpa banyak jeda.
2, jika pembicaraan sering terjadi jedah.
1, jika pembicaraan tidak berlanjut.

Accuracy dengan skor :
3, jika seluruh percakapan akurat.
2, jika pembicaraan ada jeda.
1, jika pembicaraan stop.

Pronunciation    dengan skor :
3, jika jelas dan tepat.
2, sebagian tidak jelas atau tidak tepat.
1, jika tidak jelas atau tidak tepat.














                                                                                         Kediri, 30 Mei 2014
Mengetahui:
Kepala Sekolah                                                                             Guru Bahasa Inggris





--------------------------                                                              -----------------------------

NIP :                                                                                             NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar