Kamis, 17 Juli 2014

hai teman-teman ini contoh RPP SMA kelas X tentang descriptive text. Semoga bermanfaat ya...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Satuan Pendidikan    :  SMA
                                    Kelas/ Semester       :  X / Gasal
                                    Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
                                    Alokasi Waktu         :  1 meeting (15 menit)
                                    Topik                       :  Descriptive Text   

Kompetensi Inti       :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara  mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar   :
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.2  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.7  Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks Deskriptif sederhana tentang tempat wisata dan bagunan bersejarah terkenal sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8.   Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis sederhana.
4.9.   Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang  tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10.  Munyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang  tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal dengan memperhatikan tujuan , struktur teks dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

Indikator   :
~  Mengidentifikasi generic structure dari teks deskriptif.
~  Mengidentifikasi kata sifat (Adjectives)
~  Mengidentifikasi kalimat Simple Present tense
~  Menentukan kata sifat yang sesuai untuk mendiskripsikan tempat wisata, dan    
bangunan  bersejarah terkenal.
~  Menerapkan kata sifat
~  Menerapkan kalimat Simple Present Tense
~  Menerapkan kata sifat yang sesuai untuk mendiskripsikan  tempat wisata, dan
bangunan  bersejarah terkenal.

Tujuan Pembelajaran  :
1.      Selama proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan rasa syukur bisa mempelajari bahasa Inggris sebagai pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Selama proses pembelajaran, siswa dapat  menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.      Selama proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, peduli, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru / teman dan fungsional.
4.      Setelah pembelajaran teks deskripsi, siswa  dapat mendiskripsikan tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal dengan struktur kebahasaan yang benar secara tertulis dan lisan.

Materi            :  Teks  deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang tempat wisata
dan bangunan bersejarah terkenal.

Pendekatan    :  Scientific (Observing, Questioning ,Associating,Experimenting,and  Networking).
Kegiatan Pembelajaran  :

Meeting   1

 Materi             : Mendiskripsikan tempat wisata
 Bahan Ajar      : dari Internet
 Metode           : Demonstrasi, Diskusi, Tanya jawab.
 Media             : Gambar tempat wisata Borobudur temple.

Langkah – langkah pembelajaran :

Pendahuluan    :  Apersepsi           (2’)
                        Menanyakan keadaan siswa.
                          Bertanya ttg tempat yang sering dikunjungi siswa jika mereka          
mempunyai waktu luang / liburan.
                       
 I n t i                 :  Mengamati   :     (10’)
Siswa mengamati gambar tempat wisata Borobudur temple.

Mempertanyakan   : 
Siswa merespon pertanyaan tentang dimana lokasinya, apakah sudah pernah mengunjungi atau belum, apakah tempat itu menarik, dsb.

Mengekplorasi   :
~ siswa memproduksi kalimat simple present tense.
 ~ Siswa menyebutkan generic structure dari teks deskriptif.

Mengasosiasi   :
~ Siswa menganalisa generic structure tentang descriptive text..
.

Mengkomunikasikan  :
Siswa membuat teks deskripsi tempat wisata.

 Penutup          :        (3’)
                            ~ Memberi kesempatan siswa bertanya.
                            ~ Menginformasikan materi selanjutnya.


A.      Penilaian
1.       Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Tanggung jawab
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan

2
Peduli
3
Kerjasama
4.
Cinta damai




Lembar Pengamatan:
No
Nama Siswa
Sikap
Nilai


Tanggung Jawab
Peduli
Kerja Sama
Cinta Damai
1
2
3



















.
Kreteria Penilaian Sikap:

No
Tanggung Jawab
Skor
1
Melaksanakan tugas dengan baik tepat waktu.
3
2
Melaksanakan tugas tetapi tidak tepat waktu.
2
3
Tidak melaksanakan tugas
1

Peduli

1
Bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
3
2
Sedikit bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
2
3
Tidak  bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan ikut serta dalam setiap kegiatan dalam proses pembelajaran
1

Kerja Sama

1
Bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
3
2
Tidak sepenuhnya dan kurang proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
2
3
Tidak bekerja sama dan proaktif dalam kelompok selama proses pembelajaran
1

Cinta Damai

1
Menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
3
2
Sedikit menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
2
3
Tidak menjaga kerukunan dalam kelompok selama proses pembelajaran
1
     Keterangan :
3 =  A      (Bagus)
1         =  B      (Cukup)
1 =  C      (Kurang)
B.      RUBRIK PENILAIAN WRITING.
No.
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
Isi
·     Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·     Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·     Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

27 – 30

22 – 26

17 – 21

13 – 16
2.
Organisasi
·     Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·     Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·     Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·     Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 - 9
3.
Kosakata dan Diksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·     Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

18 –20

14 – 17

10 – 13

7 - 9
i.                                             
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik

Baik


Sedang


Kurang


22 – 25

18 – 21


11 – 17


5 – 10

5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang

5
4

3

2
6.
Kerapian
·      Terbaca, bersih dan rapi.
·      Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
Kurang

5
4
3
2

Jumlah Skor Perolehan

Nilai Yang Diperoleh = ----------------------------------------- x 100
                                         Jumlah Skor Maksimum







…….,……………..
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Guru Mata Pelajaran



_______________________                                                          _________________________
NIP. ...                                                                         NIP. ..


STUDENTS WORKSHEET

TASK 1
       Observe this picture and answer the questions orally.
1.      What do you see in the picture?
2.      Where it located?
3.      Have you ever visited it?
4.      What is the special thing from that place?
5.      What do you think about that place?
6.      Do you want to visit it?
7.      Are you think that is an interesting place?
8.      What things that make you interest with the place?

TASK 2
Example:  Mr. Gery always (come) to school on time.
                  Mr. Gery always comes to school on time
Do as the example
1.        The library always (open) at 8 a.m
2.        Mother usually (cook) in the kitchen everymorning.
3.        Henry and Deny (go) swimming on Sundays.
4.        We never late (come) to the class.
5.        I’m always (study) everyday.
TASK 3
Discuss with your partner this descriptive text below,  then answer the questions decide if they are true(T) or false(F) .

Rounded Rectangle: Borobudur Temple
 
Borobudur is Hindu – Budhist temple. It was built in the ninth century under Syailendra dynasty of ancient Mataram kingdom. Borobudur is located in Magelang, Central Java, Indonesia.
Borobudur is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and consists of eight steps like stone terrace. The first five terraces are square and surrounded by walls adorned with Budist sculpture in bas-relief. The upper three are circular. Each of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire adifice is crowned by a large stupa at the centre at the centre of the top circle. The way to the summit extends through some 4.8 km of passage and starways. The design of borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at Angkor, Cambodia.
Borobudur temple that is rededicated as an Indonesian monument in 1983 is a valuable treasure for Indonesian people.
Language Feature Analysis
Using adjective and classifiers; valuable
Using simple present tense; Borobudur is well-known,The temple is constructed, etc

 





















1.     
F
 
Borobudur was built in the seventh century under Syailendra dynasty.
2.     
F
 
Borobudur is located in Magetan, East Java.
3.     
T
 
The construction is influenced by the Gupta architecture of India.
4.     
F
 
Borobudur is constructed on a hill 46 m high and consists of nine steps like stone terrace.
5.     
T
 
The design of Borobudur, which symbolizes the structure of universe, influences temples at Angkor, Cambodia.
Task 4
Identify the generic structure of the text about “Borobudur temple” above.
Generic Structure
Text
1.         Title
Borobudur temple
2.         Classification
Paragraph 1
3.         Description
Paragraph 2-3

TASK 5
Work individually. Choose one of this pictures then write a descriptive text about it. Submit it to your teacher.

Text Box:  
        Kelud Mountain
Text Box:  
        Prambanan Temple
Text Box:  
          Simpang Lima Gumul
 


TASK 6
Write a description of the city that may you know for example :
-         Tajmahal
-         Wisata Bahari Lamongan (WBL)
-         East Java Park Batu
-         National Monumen,etc

Find the information about it from newspaper, internet,etc. Submit it in the next meeting.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar