Kamis, 03 Juli 2014

RPP kelas 7 semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMP
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Materi pokok             : Descriptive text (benda)
Kelas/semester           : VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu           : 2 x 40 minutes

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1





2.2



Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
1.1  Mengikuti kegiatan   pembelajaran dengan semangat




2.2.1    Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat    menjadi pemimpin kelompok
2.










3.5














4.6



Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.                 









Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.5.1   Mengamati gambar yang diberikan oleh guru kemudian menjawab pertanyaan secara lisan.
3.5.2   Menemukan dan mengartikan kosa kata baru.
3.5.3   Menirukan guru (drilling) sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh guru.
3.5.4   Mengindentifikasi informasi tertentu/factual dengan mendengarkan teks descriptive  melalui audio.

4.6.1    Melakukan dialog
4.6.2    Menjawab pertanyaan yang telah disediakan oleh guru.
4.6.3    Mmembaca surat dan menjawab soal-soal yang tersedia.
4.6.4    Belajar tentang grammar.
4.6.5    Menulis kosakata pada kolom yang disediakan oleh guru
4.6.6    Menulis bsurat yang menceritakan tentang rumah






C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)       Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris;
2)       Memiliki rasa tangung jawab terhadap tugas yang diberikan guru;
3)             Menemukan makna kosa kata baru dengan mencari dalam kamus secara tepat dan berterima;
4)             Mengidentifikasi informasi tertentu/factual dengan mendengarkan/ membaca teks descriptive yang diberikan dengan tepat dan berterima;
5)             Melengkapi dialog yang rumpang sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru dengan benar;
6)             Mempraktikkan dialog di depan kelas dengan lancar dan berterima;
7)             Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
8)             Menuliskan bagian-bagian rumah secara berpasangan;
9)             Menulis surat yang berisi tentang rumah dalam bentuk descriptive text.

D.    Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial : to entertain, create, stimulate emotion and motivation

            Struktur Teks            :          
·         Identification             : menyebutkan tujuan dan peristiwa/kejadian/ pengalaman
                                      secara umum.
·         Physical description    : masalah yang terjadi dalam cerita
·         Specific characteristics: penyeleseian masalah dalam cerita

       Unsur Kebahasaan:      
·         Uraian tindakan dalam Past Tense.
·         Adverbial penghubungan waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dsb.
·         Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
·         Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

E.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
Video / audio (mp3)
2.      Alat
VCD / Laptop, LCD, Speaker
3.      Sumber pembelajaran
a.       Buku teks wajib (LKS dan diktat)
b.      Internet
c.       Audio CD/ VCD/DVD
d.      www.youtube.com
e.       Suara guru
F.     Metode Pembelajaran
·         Scientific approach

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Guru
Siswa
Tujuan Pembelajaran
Alokasi
Kegiatan Awal :
·         Salam tegur sapa
·         Apersepsi dan motivasi
·         Penyampaian tujuan pembelajaran



Kegiatan Inti :
1.      Listening
·         Observe the picture
(house)



·         Do in pairs, what do these words mean ?



·         Repeat that words above after your teacher read.

·         Listen the audio then answer the questions orally.
2.      Speaking
·         Do in pairs. Complete the dialogue and practice in front of the class with your partner.

·         Choose one picture and make a dialogue based on the example above. Then practice in front of the class with your partner.

3.      Reading
·         Observe the picture(house)


·         Read the text below about Pedro’s house. Then answer the questions.

·         Read her letter and answer the questions.

·         Study the explanation below.



4.      Writing
·         In pairs, write the names of rooms in a house by completing the vocabulary below.

·         Write a letter to your friend. Tell him/ her about your house. Use the following questions for help.



Penutup :
·         Guru meminta siswa menyimpulkan kembali apa yang telah dipelajari pada hari tersebut secara komunikatif
·         Guru mengingatkan siswa untuk mengulangi pelajaran hari ini di rumah
·         Guru memberikan pesan moral berkaitan dengan materi yang telah dipelajari
·         Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam


Kegiatan Awal :
·         Menjawab salam dari guru
·         Merspon motivasi yang telah diberikan guru
·         Mendengarkan tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru


Kegiatan Inti :
1.      Listening
·         Siswa mengamati gambar rumah kemudian diminta untuk menjawab pertanyaan yang disediakan .

·         Secara berkelompok siswa dapat menemukan dan mengartikan kosa kata baru sebelum teks audio diperdengarkan.

·         Siswa mengulangi(menirukan) kata-kata setelah mendapat instruksi dari guru

·         Siswa menjawab soal-soal berdasarkan teks yang diperdengarkan melalui audio
2.      Speaking
·         Secara berkelompok siswa melengkapi dialog dan  kemudian mempraktekkan dialog di depan kelas



·         Siswa membuat dialog sesuai dengan gambar yang dipilih kemudian mempraktekkan dialog di depan kelas




3.      Reading
·         Siswa diberi gambar kemudian diminta untuk menjawab pertanyaan yang disediakan

·         Siswa diminta untuk membaca teks kemudian menjawab soal-soal yang disediakan oleh guru


·         Siswa diminta untuk membaca surat kemudian menjawab soal-soal yang disediakan oleh guru

·         Siswa belajar tentang grammar




4.      Writing
·         Siswa diminta untuk menuliskan/ melengkapi kosakata pada kolom-kolom yang disediakan oleh guru.



·         Siswa diminta untuk menulis surat yang berisi tentang rumah (menceritakan rumah)





Penutup :
·         Siswa menyimpulkan materi dengan antusias




·         Siswa mendengarkan dengan seksama



·         Siswa mendengarkan dengan seksama



·         Siswa menjawab salam

1.1









3.5.1






3.5.2




3.5.3



3.5.4


4.6.1






4.6.1








3.5.1



4.6.2





4.6.3


4.6.4





4.6.5






4.6.6

5 minute









5 minute






5 minute




10 minute



10 minute


5 menit






10 menit








5 menit



5 menit





5 menit


5 menit





5 menit






10 menit














10 minute

H.    Penilaian





               
...................., .............................. 20... 
Mengetahui                                                                
Kepala SMA...                                                            Guru Mata Pelajaran





_______________________                                      _________________________

NIP. ...                                                                        NIP. ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar