SILABUS
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /
Semester : VII / I
KD : 1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan semangat belajar.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
4.6 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyaka nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari- hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
|||
Sub-KD
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1. Mensyukuri
kesempatan dapat
mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2. Menunjukkan
perilaku bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan
nama dan jumlah benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
4.6 Menyusun teks lisan dan tulis
untukmenyatakan dan menanyakan nama dan jumlah benda yang dekat dengan
kehidupan siswa sehari-hari .
|
1.1
Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan semangat
2.2.1 Bertanggung
jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
3.5.1 Mengamati gambar yang diberikan oleh guru kemudian
menjawab pertanyaan secara lisan.
3.5.2 Menemukan dan
mengartikan kosakata baru
3.5.3 Menirukan
guru(drilling) sesuai dengan intruksi yang diberikan oleh guru.
3.5.4 Mengindentifikasi informasi tertentu/factual dengan
mendengarkan teks descriptive melalui audio
4.6.1 Melakukan
dialog
4.6.2 Menjawab pertanyaan yang telah disediakan oleh guru.
4.6.3 Membaca surat dan menjawab soal-soal yang
tersedia.
4.6.4 Belajar tentang grammar
4.6.5 Menulis kosakata pada kolom yang
disediakan oleh guru
4.6.6
Menulis surat yang menceritakan
tentang rumah
|
Descriptive text (benda)
|
1. Siswa diberi gambar kemudian diminta untuk menjawab
pertanyaan yang disediakan.
2. Siswa diminta untuk mendengarkan audio dan
menemukan kosakata baru
3. Siswa diminta untuk menirukan kata-kata yang
di ucapkan oleh guru (drilling)
4. Siswa mendengarkan teks lisan. Kemudian menjawab pertanyaan
secara lisan.
5. Siswa diminta untuk melengkapi dialog kemudian mempraktikkan dialog di
depan kelas dengan pasangannya.
6. Siswa diminta untuk membuat dialog kemudian mempraktikannya di
depan kelas dengan pasangannya.
7. Siswa diberi gambar kemudian
diminta untuk menjawab pertanyaan yang disediakan.
8. Siswa diminta untuk membaca teks kemudian menjawab soal-soal
yang disediakan
9. Siswa diminta untuk
Membaca surat
kemudian menjawab pertanyaan yang disediakan oleh guru
10. Siswa belajar tentang grammar
11. Siswa diminta untuk
menuliskan/ melengkapi kosa kata pada kolom-kolom yang disediakan oleh guru.
12. Siswa diminta untuk menulis surat yang berisi tentang rumah (menceritakan rumah)
|
Tulis dan Lisan
|
Matching words
Repetition
Fill in the blank
True and False
|
1. Observe the picture
(house)
2. Do in pairs, what do these words mean ?
3. Repeat that words above after your teacher read
4. Listen to
the audio then answer the questions
orally.
5. Do in pairs. Complete
the dialogue and practice in front of the class with your partner.
6. Choose one picture and
make a dialogue based on the example above. Then practice in front of
the class with your partner.
7. Observe the picture
(big house)
8. Read the text below
about Pedro’s house. Then answer the questions.
9. Read her letter and
answer the questions.
10. Study the
explanation below.
11. In pairs,
write the names of rooms in a house by completing the vocabulary below.
12. Write a
letter to your friend. Tell him/ her about your house. Use the following
questions for help.
|
2 x40 menit
|
Sumber Belajar :
4. Badan Pengenbangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan
penjaminan Mutu Pendidikan, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.
5. Bahasa Inggris, When English Rings
the Bell: buku guru/Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
6. Lingkungan sekitar:
Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar