Selasa, 15 Juli 2014

contoh silabus SMP kelas 7 semester 1

SILABUS


Nama Sekolah                 : SMP

Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris

Kelas / Semester            : VII / I

KD                             :  1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan semangat belajar.

                               2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

                               3.5  Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan       bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.

                             4.6  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyaka nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari- hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

  

Indikator
Materi Pokok
Kegiatan
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sub-KD
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar




2.2. Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman




3.5  Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.



















4.6  Menyusun teks lisan dan tulis untukmenyatakan dan menanyakan nama dan jumlah benda yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari .


1.1  Mengikuti kegiatan   pembelajaran dengan semangat












2.2.1     Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat    menjadi pemimpin kelompok








3.5.1   Mengamati gambar yang diberikan oleh guru kemudian menjawab pertanyaan secara lisan.
3.5.2   Menemukan dan mengartikan kosakata baru
3.5.3   Menirukan guru(drilling) sesuai dengan intruksi yang diberikan oleh guru.
3.5.4   Mengindentifikasi informasi tertentu/factual dengan mendengarkan teks descriptive melalui audio

4.6.1    Melakukan dialog
4.6.2    Menjawab pertanyaan yang telah disediakan oleh guru.
4.6.3    Membaca surat dan menjawab soal-soal yang tersedia.
4.6.4    Belajar tentang grammar
4.6.5    Menulis kosakata pada kolom yang disediakan oleh guru
4.6.6    Menulis surat yang menceritakan tentang rumah
Descriptive text (benda)

























1.   Siswa diberi gambar kemudian diminta untuk menjawab pertanyaan yang disediakan.

2.   Siswa diminta untuk mendengarkan audio dan menemukan kosakata baru

3.   Siswa diminta untuk menirukan kata-kata yang di ucapkan oleh guru (drilling)

4.   Siswa mendengarkan teks lisan. Kemudian menjawab pertanyaan secara lisan.

5.   Siswa diminta untuk melengkapi dialog kemudian  mempraktikkan dialog di depan kelas dengan pasangannya.

6.   Siswa diminta untuk membuat dialog kemudian mempraktikannya di depan kelas dengan pasangannya.

7.   Siswa diberi gambar kemudian diminta untuk menjawab pertanyaan yang disediakan.

8.   Siswa diminta untuk membaca teks kemudian menjawab soal-soal yang disediakan

9.   Siswa diminta untuk   
 Membaca surat kemudian menjawab pertanyaan yang disediakan oleh guru

10.  Siswa belajar tentang grammar

11.  Siswa diminta untuk menuliskan/ melengkapi kosa kata pada kolom-kolom yang disediakan oleh guru.

12.  Siswa diminta  untuk menulis surat yang berisi tentang rumah (menceritakan rumah)
























Tulis dan Lisan
Matching words

Repetition

Fill in the blank

True and False
1.      Observe the picture
(house)

2.      Do in pairs, what do these words mean ?

3.      Repeat that words above after your teacher read

4.      Listen to the audio then answer the questions orally.

5.      Do in pairs. Complete the dialogue and practice in front of the class with your partner.

6.      Choose one picture and make a dialogue based on the example above. Then practice in front of the class with your partner.

7.      Observe the picture (big house)

8.      Read the text below about Pedro’s house. Then answer the questions.

9.      Read her letter and answer the questions.

10.  Study the explanation below.

11.  In pairs, write the names of rooms in a house by completing the vocabulary  below.

12.  Write a letter to your friend. Tell him/ her about your house. Use the following questions for help.

2 x40 menit


Sumber Belajar :
1.      www.dailyenglish.com
4.      Badan Pengenbangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan penjaminan Mutu Pendidikan, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.
5.      Bahasa Inggris, When English Rings the Bell:  buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
6.      Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar