Minggu, 10 Agustus 2014

Contoh RPP kelas 7 semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

SMP
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Materi Pokok




Alokasi Waktu
:
:
:
:




:
SMP ... 
B. Inggris
VII/I (Satu)
Teks lisan dan tulis untuk menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan public yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.

2 pertemuan (4JP)


A.  Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1    Menulis learning log yang             mengungkapkan rasa      syukur atas kesempatan      dapat belajar bahasa Inggris
2.
2.2













Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.
(Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran dalam  RRP ini)






2.2.1    Bertanggung jawab atas        tindakan anggotanya       saat    menjadi pemimpin             kelompok

2.2.2    Mengakui ketika             membuat kesalahan

2.2.3    Tidak menyalahkan     orang lain atas             tindakannya sendiri

2.2.4    Melakukan hal-hal yang             dikatakan akan             dikerjakan tanpa             diingatkan orang lain
3.
3.5             
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
3.5.1        Menentukan tujuan komunikatif teks.

3.5.2        Mengidentifikasi struktur teks.


3.5.3        Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks.
4.
4.6
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6.1     Menanyakan nama dan jumlah binatang dan benda secara lisan dengan akurat, lancar dan berima.

4.6.2     Menanyakan nama dan jumlah binatang dan benda secara lisan dengan akurat, lancar dan berima.

4.6.3     Menanyakan nama dan jumlah binatang dan benda secara tertulis dengan akurat, lancar dan berima.

4.6.4    Menanyakan nama dan jumlah binatang dan benda secara tertulis dengan akurat, lancar dan berima.

C. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1) Mengidentifikasi fungsi social dengan benar.
2) Mengidentifikasi fungsi social benda-benda yang ada di ruang kelas.
3) Mengidentifikasi kata perbendaharaan benda yang ada di kelas dengan tepat.
4) Mengidentifikasi gambar benda sesuai cirri-ciri yang diberikan.
5) Mengidentifikasi kalimat rumpang dengan diberikan gambar benda.
6) Mengidentifikasi fungi social benda yang ada di dalam kelas.
7) Mengidentifikai perbendaharaan kata benda ketika disajikan cirri-ciri benda.
8) Mengidentifikasi perbendaharaan kata benda ketika disajikan gambar.
9) Mengidentifikasi gambar benda ketika disajikan cirri fisik benda.
10) Mengidentifikasi dapat melengkapi kata sifat dengan tepat ketika disajikan gambar.
11) Mampu menuliskan kalimat menanya nama benda di dalam kelas.
12) Mampu menulikan kalimat menanya jumlah benda yang ada di kelas ketika disajikan gambar.
13) Mampu menentukan gambar dengan tepat ketika disajikan teks yang menceritakan ciri dari suatu benda.
14) Mampu menentukan gambar dengan tepat ketika diperdengarkan teks sederhana mengenai ciri benda.
15) Mampu menentukan gambar dengan tepat ketika diperdengarkan teks sederhana mengenai jumlah benda.

Pertemuan Kedua

1) Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris;
2) Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok;
3) Mengakui ketika membuat kesalahan;
4) Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri;
5) Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain;
6) Menanyakan nama dan jumlah binatang dan benda secara tertulis dengan akurat, lancar dan berima.


7) Mampu menuliskan benda-benda yang ada di dalam kelas secara akurat, lancar dan berima.

D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)

Pertemuan pertama
Fungsi Sosial              : Mengenalkan, mengidentifikasi benda di dalam kelas.
Struktur Teks             : What is it? Are they your toys? Which one is your book?

Unsur Kebahasaan:  
·        Kata pembilang angka (one, two, three, four, dsb.)
·        Bentuk pendek (It’s, They’re, I have , she has , dsb.)
·        Kalimat/Ungkapan (What is this? What is that? What are these? That’s big, that’s beautiful)
·        Kata Tanya (what, how, which)
·        Kata ganti (this, that, those, these, it, they, dsb.)
·        Article a, an dan some.
·        Introductory there (there is, there are)
·        Nama-nama benda di dalam kelas.
·        Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb.
·        Ucapan, tekanan kata, intonasi, dan ejaan.

Topik: Benda yang ada di dalam kelas.

Pertemuan Kedua
Fungsi Sosial                : Mendeskripsikan dan mengidentifikasikan benda di dalam kelas.
Struktur Teks              : What is it?Are they your toys? Which one is your book?

Unsur Kebahasaan:  
·        Kata pembilang angka (one, two, three, four, dsb.)
·        Bentuk pendek (It’s, They’re, I have , she has , dsb.)
·        Kalimat/Ungkapan (What is this name? What is that? What is this? Do you have a rubber? How many pencils do you have? How nice they are! That’s cute)
·        Kata Tanya (what, how)
·        Kata ganti (this, that, those, these, it, they, dsb.)
·        Introductory there (there is, there are)
·        Nama-nama benda dan binatang
·        Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb.
·        Ucapan, tekanan kata, intonasi, dan ejaan

Topik: Benda-benda yang ada di dalam kelas.

E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Metode ilmiah

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media                      : rekaman, gambar.
2. Alat/Bahan              : lcd projector, laptop, boardmarker.
3. Sumber Belajar         : - http://learnenglishkids.britishcouncil.org/en/  
                                      - Badan Pengenbangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan penjaminan Mutu Pendidikan, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.
                                      - Bahasa Inggris, When English Rings the Bell:  buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
                                      - Bahasa Inggris, When English Rings the Bell/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
                                      - lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Kesatu
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
-         Apersepsi dan motivasi
-         Penyampaian tujuan pembelajaran
-         Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan Inti (60 menit)
Observing
-         Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik, dalam berbagai konteks.( Task 1)
-         Siswa mengikuti interaksi menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.( Task 2)
-         Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik.( Task 3)
-         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik (Task 4).
-         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi unsur kebahasaan yang menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik .( Task 5)
Questioning
-         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar penyebutan dan pertanyaan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang ada dalam bahasa Inggris, dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.( Task 6)
Associating
-         Siswa membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya. (Task 7)
-         Siswa membandingkan antara ungkapan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia. (Task 8)

Experimenting
-         Siswa menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris dalam konteks read aloud dan kegiatan lain yang terstruktur.( Task 9)
-         Siswa berusaha menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran.( Task 10)
Networking
-         Siswa menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. (Task 11)

Penutup (10 menit)

-         Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
-         Refleksi
-         Penugasan: berlatih menyebutkan dan menanyakan benda di kelas
-         Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang

Pertemuan kedua
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
-         Apersepsi dan motivasi
-         Penyampaian tujuan pembelajaran
-         Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan inti (60 menit)
Creating
-         Siswa menuliskan benda-benda kesukaan teman-teman mereka di kelas dalam bentuk table.(Task 1)
-         Siswa menamakan benda-benda yang ada di dalam gambar.(Task 2)
-         Siswa mengeja nama benda didalam kelas dalam bahasa Inggris.(Task 3)
-         Siswa berpasangan menanyakan dan menyatakan gambar benda dalam bahasa Inggris.(Task 4)
-         Siswa berpasangan membuat dialog tentang menyatakan dan menanya benda di dalam kelas kemudian perform di depan kelas.( Task 5)
-         Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik dalam jurnal belajarnya. (Task 6)
Penutup (10 menit)

-         Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
-         Refleksi
-         Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang

H.      Penilaian

1.        Sikap spiritual

a.       Teknik Penilaian                 : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen               : Learning Journal
c.       Kisi-kisi                             :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.      Instrumen: lihat Lampiran 1

e.       Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1

f.        Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

2.         Sikap sosial

a.         Teknik Penilaian        : Penilaian sejawat (antar teman)
b.        Bentuk Instrumen       : Lembar Peer Assessment
c.         Kisi-kisi                     :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.        Instrumen: lihat Lampiran 2

e.         Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
 







=

2







=


1




=



0,5



Contoh: mencentang               untuk seluruh pernyataan.



Bila mencentang
= 2+2+2
= Skor 6



Bila mencentang
= 2+2+1
= Skor 5

 




Bila mencentang
= 2+1+0,5
= Skor 3,5




f.          Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.         Pengetahuan
a.         Teknik Penilaian        : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen       : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                     :

No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Disajikan teks bergambar tentang benda di ruang kelas, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 1
  1.  
Disajikan teks bergambar tentang benda di ruang kelas, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 2
  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan kata vocabulary atau nama benda dengan tepat
Soal No. 3
  1.  
Disajikan pertanyaan yang mengandung ciri fisik benda tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
Soal No. 4
  1.  
Disajikan sebuah kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat melengkapinya dengan kata sifat yang tepat.
Soal No. 5
  1.  
Disajikan teks bergambar tentang benda di ruang kelas, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 6
  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan kata vocabulary dengan tepat.
Soal No. 7
  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan kata vocabulary dengan tepat.
Soal No. 8
  1.  
Disajikan pertanyaan yang mengandung ciri fisik benda tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
Soal No. 9
  1.  
Disajikan sebuah kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat melengkapinya dengan kata sifat yang tepat.
Soal No. 10

d.         Instrumen: lihat Lampiran 3

e.         Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

f.           Instrumen: lihat Lampiran 3

4.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian  : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen            : Essay
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
Menulis

  1.  
Disajikan sebuah jawaban singkat tentang menyatakan dan menanyakan nama benda, siswa dapat menuliskan singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No.1
  1.  
Disajikan sebuah jawaban singkat tentang menyatakan dan menanyakan jumlah benda, siswa dapat menuliskan pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No.2
  1.  
Disajikan sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan ciri benda serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang diperdengarkan dengan tepat.
Soal No.3
  1.  
Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan jumlah benda serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang diperdengarkan dengan tepat.
Soal No.4
  1.  
Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan jumlah benda serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang diperdengarkan dengan tepat.
Soal No. 5
  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan nama benda dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A :1
  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menyatakan jumlah benda dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A : 2
  1.  
Siswa dapat menceritakan dan menjumlah benda di dalam tas secara lisan di depan kelas dengan akurat, lancar dan berterima.
Soal No. A: 3


  1.  
Siswa dapat menuliskan menyatakan benda di dalam kelas dalam bentuk teks sangat sederhana secara akurat, runtut dan berterima.
Soal No. B

d.        Instrumen: lihat Lampiran 4

e.         Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 6 dan 7)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1





f.          Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

g.         Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 – 10.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


h.         Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4: A.

ASPEK
KETERANGAN
SKOR




Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

i.          Pedoman Penskoran:




Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

j.          Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4: B.
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat

1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1
4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1



k.        Pedoman Peskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


Kediri, 17 January 2014 
Mengetahui                                                              
Kepala SMP...                                                           Guru Mata Pelajaran






_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                        NIP. ...











Lampiran 1: Instrumen Penilaian Sikap Spiritual

MY LEARNING LOG

  Name: ……………………………………………………………        

   Use the words to complete the sentence. Your teacher will help you.





Having a chance to learn English makes me
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               







bored
happy
hard
speak
study
God
a lot
sad
write
afraid
practice
thank
 































Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap Sosial


SELF ASSESSMENT
Name               :                                                                      
Day/date        :                                                                  

Tick the suitable pictures to describe your responsibility.
1.    I take responsibility for actions of others when I am in charge.
             
2.    I admit when I make a mistake.

              
3.    I don’t blame others for my actions.
             




4.    I do the things I say I will do without anybody telling me to.




 




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar