Minggu, 10 Agustus 2014

hai guys, ini contoh RPP kelas VIII semester 2, semoga bermanfaat ya ... aminnnn :)

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan     : SMP                                                 
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester          : VIII / 2 (dua)
Materi Pokok            : Teks lisan dan tulis menyatakan dan menanyakan                                             kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu                                                       lampau
Alokasi Waktu           : 4 pertemuan (8 JP)


Kompetensi inti          :
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

A.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.





2.

1.1





2.2

Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.

Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.
(Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran dalam  RRP ini)

1.1.1    Menulis learning log yang             mengungkapkan rasa syukur
            atas kesempatan dapat belajar
            bahasa Inggris.



2.2.1    Bertanggung jawab atas             tindakan anggotanya             saat menjadi pemimpin             kelompok.
2.2.2    Mengakui ketika             membuat kesalahan.
2.2.3    Tidak menyalahkan             orang lain atas             tindakannya sendiri.
2.2.4    Melakukan hal-hal yang             dikatakan akan             dikerjakan tanpa             diingatkan orang lain.

3.


3.11






Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.14.1 Menentukan tujuan             komunikatif teks.         

3.14.2  Mengidentifikasi struktur teks.

3.14.3  Mengidentifikasi unsur             kebahasaan dalam teks.
4.

4.13




Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


4.18.1   Menangkap sifat dan ciri-ciri teks tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau secara lisan dengan  akurat, lancar dan berterima.

4.18.2   Mengungkapkan sifat dan ciri teks tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau secara lisan dengan akurat, lancar   dan berterima .

4.18.3  Menangkap sifat dan ciri-ciri
 teks tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau secara tertulis dengan akurat,lancar dan berterima.

4.18.4   Mengungkapkan sifat dan ciri teks tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampausecara tertulis dengan akurat, lancar   dan berterima.

B.       Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)             mengidentifikasi tujuan komunikatif teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
2)             mengidentifikasi struktur teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3)             mengidentifikasi kata sifat yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
4)             mengidentifikasi kata kerja yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
5)             mengidentifikasi struktur bahasa yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
6)             mengidentifikasi kata keterangan yang terdapat dalam teks secara berkelompok;

Pertemuan Kedua
1)        menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat
     belajar bahasa Inggris;
2)             bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok;
3)             mengakui ketika membuat kesalahan;
4)             tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri;
5)             melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain;
6)             menanyakan sifat dan ciri teks tentang tindakan/kejadian yang terjadi di waktu lampau  secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima .
7)             menyatakan sifat dan ciri teks tentang tindakan/kejadian yang terjadi di waktu lampau  secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima.
8)             menanyakan sifat dan ciri teks tentang tindakan/kejadian yang terjadi di waktu lampau  secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima
9)             menyatakan sifat dan ciri teks tentang tindakan/kejadian yang terjadi di waktu lampau  secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima .

C.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama

Fungsi Sosial            :          
·         Menyatakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau
·         Untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

Struktur Teks     :   
a.    Where were your brothers a few minutes ago?
They were at home.
b.    What did you do after school yesterday?
I took a rest.
c.    Where did they spend their last holiday?
They went to Bali
d.   Did you and Ali come to the meeting?
No, I didn’t. But Ali did
e.    What was your mother doing when you came home?
She was cooking in the kitchen


Unsur Kebahasaan:
·        Ucapan , tekanan kata , intonasi , kosakata (kata tanya: when, where, while,  kata penghubung before, after) dan tata bahasa (simple past tense dan past continuous tense)

Topik: Berbagai hal terkait dengan kegiatan yang terjadi  di sekitar rumah sekolah dan lingkungan waktu lampau

Pertemuan Kedua

Fungsi Sosial            :
·         Menyatakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau
·         Untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

Struktur Teks     :   
a.    Where were your brothers a few minutes ago?
They were at home.
b.    What did you do after school yesterday?
I took a rest.
c.    Where did they spend their last holiday?
They went to Bali
d.   Did you and Ali come to the meeting?
No, I didn’t. But Ali did
e.    What was your mother doing when you came home?
She was cooking in the kitchen


Unsur Kebahasaan:
·        Ucapan , tekanan kata , intonasi , kosakata (kata tanya: when, where, while,  kata penghubung before, after) dan tata bahasa (simple past tense  dan past continuous tense)

Topik: Berbagai hal terkait dengan kegiatan yang terjadi  di sekitar rumah sekolah dan lingkungan waktu lampau


D.      Metode Pembelajaran
1.         Metode ilmiah

E.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.         Media
Gambar benda, kartu kata

2.         Alat
Spidol warna

3.         Sumber Pembelajaran
a.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 125.
b.      Board of Studies New South Wales. 1998. English K-6 Modules. Sydney: Board of Studies NSW. Hal. 85.
c.       Amos E., Prescher E., & Raby J.1998. Winner Student Book 1. Jakarta: Pearson Education Asia Pte Ltd. 69.
d.      Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan


Salam Tegur Sapa
-          Apersepsi dan motivasi
-          Penyampaian tujuan pembelajaran
-          Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan inti (60 menit)

Observing

















Questioning




















Experimenting









-        Siswa mendengarkan /membaca beberapa contoh  tindakan/kejadian yang terjadi di masa lampau, sangat pendek dan sederhana , kemudian menjawab pertanyaan (task 1)
-        Siswa mengikuti mengucapkan tindakan/kejadian yang terjadi di masa lampau, sangat pendek dan sederhana (task 2)
-        Siswa membaca untuk memahami berbagai informasi , makna dari tindakan/kejadian yang terja di di masa lampau, sangat pendek dan sederhana, dengan pengucapan dan intonasi yang baik. (task 3)
-        Siswa berlatih menentukan informasi rinci. (task 4)

-        Siswa membaca social function and general structure pada tindakan/kejadian yang terjadi di masa lampau. (task 5)
-        Siswa membaca dua teks tindakan/kejadian yang terjadi  di masa lampau yang berbeda. (task 6)
-        Siswa membandingkan kedua teks tindakan/kejadian yang terjadi di masa lampau yang ada pada task 6, kemudian menuliskannya pada sebuah tabel yang tersedia.(task 7)
-        Siswa mengganti kata kerja yang tidak sesuai ke dalam simple past tense. (task 8)
-        Siswa melengkapi teks rumpang dengan kata yang telah disediakan. (task 9)
-        Siswa membaca contoh teks tindakan/kejadian yang terjadi  di masa lampau . (task 10)

-        Siswa menjawab dengan stating true false.(task 11)
-        Siswa membaca teks tindakan/kejadian yang terjadi di masa lampau,
-        Siswa menulis teks pengalaman yang pernah mereka alami. (task 12)
Penutup (10 menit)
Penutup
-        Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
-        Reflesi
-        Penugasan: berlatih,menulis surat dan email.
      Menyampaikan rencana kegiatan yang akan              datang: tes product.

Pertemuan Kedua

Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam, tegur, sapa
-        Guru memberi salam (greeting).
-        Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
-        Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Kegiatan Inti (60 menit)
Tahap
Kegiatan
Assosiating













Networking
-        Siswa menulis teks tindakan/kejadian yang terjadi di masa lampau (task 13)
-        Secara berkelompok, siswa menganalisis teks acak kemudian menyusunnya menajadi teks yang benar. (task 14)
-        Siswa menanyakan balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok. (task 15)
-        Siswa menyimpulkan hasil analisisnya  terkait fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks tindakan/kejadian yang terjadi di masa lampau. (task 16)

-        Siswa mempresentasikan tulisan tentang pengalaman. (task 17)
-        Siswa menulis sebuah teks pengalaman dengan memilih tema yang telah disediakan. (task 18)

Penutup (10 menit)
Tahap
Kegiatan
1.        Refleksi


2.        Umpan balik


3.        Penugasan









4.        Salam

-        Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
-        Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
-        Guru memberikan tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
-        Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
-        Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

F.        Penilaian

1.        Sikap spiritual

a.         Teknik Penilaian          : Tertulis
b.        Bentuk Instrumen        : Learning Journal
c.         Kisi-kisi                         :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1


d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1
f.        Pedoman Penskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

2.         Sikap sosial

a.        Teknik Penilaian   : Penilaian sejawat (antar teman)
b.        Bentuk Instrumen : Lembar Peer Assessment
c.         Kisi-kisi                  :



No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.       Instrumen: lihat Lampiran ...

e.        Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
   = 2 always

                        = 1 often


   = 0,5 seldom
                     Seldom


Contoh: Mencentang untuk seluruh pernyataan.

 
 




                                                                        = 2 + 2 + 2 = Skor 6
                    
Bila mencentang:
 
 



                                                                        = 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.

                    
Bila mencentang:
 
 



                                                                        = 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5



f.          Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.         Pengetahuan

a.        Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                  :


No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Disajikan teks gambar tentang kejadian, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 1
  1.  
Disajikan sebuah pernyataan berupa teks kejadian, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.
Soal No. 2
  1.  
Disajikan sebuah pertanyaan berupa teks kejadian, siswa dapat menentukannya dengan benar.
Soal No. 3
  1.  
Disajikan sebuah pertanyaan yang relevan berupa teks kejadian yang terjadi di masa lampau, siswa dapat mengidentifikasinya dengan tepat.
Soal No. 4
  1.  
Disajikan sebuah pertanyaan berupa teks kejadian yang terjadi di masa lampau , siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.
Soal No. 5
  1.  
Disajikan sebuah teks kejadian di masa lampau , siswa dapat melengkapi kalimat dengan tepat.
Soal No. 6
  1.  
Disajikan sebuah teks kejadian di masa lampau , siswa dapat melengkapi kalimat dengan tepat .
Soal No. 7
  1.  
Disajikan sebuah teks kejadian di masa lampau , siswa dapat melengkapi kalimat dengan tepat.
Soal No. 8
  1.  
Disajikan sebuah kalimat acak siswa dapat menyusunnya dengan tepat.
Soal No. 9
  1.  
Disajikan sebuah kalimat acak siswa dapat menyusunnya dengan tepat.
Soal No. 10






d.       Instrumen: lihat Lampiran ...

e.        Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

4.         Keterampilan
a.        Teknik Penilaian         : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen       : Tes Keterampilan Menulis, Membaca dan                                                 berbicara.
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen

Menulis


  1.  
Disajikan sebuah teks tentang tindakan / kejadian yang terjadi di masa lampau, siswa dapat menjawab pertanyaan dari teks dengan tepat
Soal No. 1

  1.  
Disajikan sebuah teks sederhana tentang tindakan / kejadian yang terjadi di masa lampau, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.
Soal No. 2

  1.  
Disajikan sebuah rumus simple past tense dan contohnya tentang kejadian di masa lampau,siswa dapat membuat kalimat simple past tense dengan benar
Soal No. 3

  1.  
Disajikan sebuah kata dalam bentuk regular dan irregular verbs , siswa dapat menjawab verb 2 dengan tepat
Soal No. 4

  1.  
Disajikan sebuah teks sederhana tentang tindakan / kejadian yang terjadi di masa lampau , siswa dapat melengkapi kalimat-kalimat yang rumpang dengan tepat.
Soal No. 5

  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan sifat atau ciri-ciri teks tindakan / kejadian yang terjadi di masa lampau dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A1

  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat
Menyatakan sifat atau ciri-ciri teks tindakan / kejadian yang terjadi di masa lampau dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A2

  8.
Siswa dapat menceritakan teks tindakan / kejadian yang terjadi di masa lampau secara lisan didepan kelas dengan akurat, lancar dan berterima
Soal No. A3
  9.
Siswa dapat menuliskan ceritanya berupa teks tindakan / kejadian yang terjadi di masa lampau dalam bentuk teks sangat sederhana secara akurat, runtut dan berterima.
Soal No. B

d.       Instrumen: lihat Lampiran ...

e.        Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 5 dan 6)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1






              F.
















Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

f.          Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 7 dan 8.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1





g.         Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4 Part Three, bagian A.

ASPEK
KETERANGAN
SKOR




Pelafalan
·        Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·        Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·        Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·        Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·        Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·        Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·        Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·        Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·        Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·        Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·        Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·        Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·        Sangat lancar.
·        Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·        Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·        Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

h.         Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


i.           Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1
4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1



j.          Pedoman Peskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1




...................., .............................. 20... 
Mengetahui                                                              
Kepala SMP                                                              Guru Mata Pelajaran






_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                        NIP. ...

























Lampiran 1: Instrument Penilaian Sikap Spiritual


MY LEARNING LOG



                        Name: …………………………………………………………..
                        Use the word to complete the sentence. Your teacher will help you!
interest
afraid
enthusiastic
study
confuse
practice
HARD
a lot
write
bored
ThanK
happy
sad
speak
 












                        Having a chance to learn English make me ….

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       















Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap Sosial












































Lampiran 3: Instrumen Penilaian Pengetahuan

Part One: Choose the best answer

Text Box: 1 









              They ............. hard in the classroom yesterday.
a.       Played
b.      Studied
c.       Cryed
d.      Red

Read the text to answer question number 2 to 5
Rounded Rectangle:   		My Holiday
Last holiday I went to Paris. I visited museums and sat in public gardens. A friendly waiter taught me a few words of French. Then he lent me a book. I read a few lines, but I did not understand a word. Everyday I thought about postcards. My holidays passed quickly, but I did not send any cards to my friends.
On the last day I made a big decision, I got up early and bought thirty seven cards. I spent the whole day in my room, but I did not write a single card!

 










Text Box: 2     What is the text about?
                                                a. Visiting museum
                                b. Postcard
                                c. Words of French
                                d. Holiday

Text Box: 3                                       What the writer do on the last day?
                                a.  Made a big decision
                                                b. Thought about postcards
                                                c. Visited museums
Text Box: 4                                                d. Read the book
                             Whom did the writer meet in Paris?
                        a. Friendly waiter
                        b. His friends
                        c. Postman
                        d. Mother
Text Box: 5.                             What was the first place the writer visited?
                        a. Museum
                        b. Public garden
                        c. His room
                        d. Post office
Text Box:  	Last week I …….(6) my grandmother’s house. I …….(7) public transportation to reach the house. On the trip, I …….(8) so many beautiful scenery there. My grandmother greet me, when I came her house. She looked so glad. She given me her delicious food, then we ate together.

Read the text then find the suitable words to complete the sentences as an answer of question number 6 to 8






Text Box: 7Text Box: 6                               The suitable word for number 1 is…
                        a. go
                        b. goes
                        c. went to
                        d. gone to
.                   The suitable word for number 2 is…
                        a. Took
                        b. Take
                        c. Taken
                        d. Taked
Text Box: 8                    The suitable word for number 3 is…
                        a. See
                        b. Seen
                        c. Saw
                        d. Seen
For numbers 9 and 10 . Arrange the jumble words into the correct sentence!

Text Box: 9                   Surabaya -- to went –- I  – yesterday.
                           1            2        3         4            5
a.       1-2-3-4-5
b.      2-3-1-4-5
c.       4-3-2-1-5
d.      4-3-1-2-5

Text Box: 10                  Two days agoIthe magazineread
                           1                  2             3                  4        
a.       1-2-3-4
b.      2-3-1-4
c.       2-3-4-1
d.      2-4-3-1
Lampiran 4: Instrumen Penilaian Keterampilan

Part Two: Do the instructions.

Ask what your friend’s experience.                                                                     
 
















           
            Why in  the Mount Bromo is very beautiful ?
            ................................................................................................................................................            ................................................................................................................................................
            ................................................................................................................................................
           

Text Box: 2 Rounded Rectangle: A Beautiful Day at Jogja

Last week, my friends and I went to Jogja. We visited many places.

First, we visited Parangtritis beach. The sun shone brightly and the scenery was very beautiful there. We felt the wind blew across to us. We also saw a lot of people in that beach. There werw many birds flew in the sky. Also, there were many sellers who sold many kinds of souvenirs. Second, we visited Gembira Loka Zoo. We saw many kinds of animals there such as monkeys, tigers, crocodiles, snakes, etc. We looked around in that Zoo, and also took pictures of those animals. Then, we felt hungry, so we went to a restaurant. As soon as we finished our lunc, we decided to go home.

For me, that was a beautiful day. we really enjoyed it, and I hope I could visit Jogja again.
 














                 




           

                 Can you describe the story above?
                  ..........................................................................................................................................
                  ..........................................................................................................................................
                  ..........................................................................................................................................


Text Box: 3
 


            Simple Past Tense
            We use the simple past tense for events that happened or started and completed             in the past and that have no relation with the present.

            Form :   (+) S + V2 + O
                           (-)  S + did not + V1 + O
                           (?) Did + S + V1+O+?
           
            Examples :
                                    (+) He studied English in the clasroom
                                    (--) He did not study English in the classroom
                                    (? ) Did he study English in the classroom?

            Complete the sentence following form above.
                        (+) I went to Jakarta last Christmas.
                        (--) ............................................................................................
                        (? ).............................................................................................?


Text Box: 4
 


            Change the following regular and irregular verbs into their past form.
           
No.
Verb 1
Verb 2
1.
See

2.
Go

3.
Come

4.
Tell

5.
Have

6.
Walk

7.
Win

8.
Rise

9.
Eat

10.
Give

Text Box: 5
               
                Fill in the blank and than use the conjunction in the box below!
           
Travel on the Plane for the First Time
                        When I was .........(1) I did  not really like traveling. I preferred........(2) games on          the computer. I never........(3) abroad on the.........(4) until 1998. At that time, I was 21             years    old.
                        My first trip was a 4-day trip to Taipei. Before I came to the........(5), I did not             know how to check-in. All procedures were so new to me. I............(6) I was so excited        when the plane took off. I really............(7) my trip at the.........(8)
                        After that trip, I like ..........(9). I also traveled to Korea, France, Germany,       Switzerland, Italy, and ..........(10).
Airport             Remembered                Australia           Traveled
Young              Enjoyed                        Plane                Time
Traveling          Playing
 
 






Part Three: Do the instructions.

A.      Say something in English on the following occasions.
1.      You want to know what your friend’s past event.
2.      You want to tell your friend about your past event.
3.      Describe your event in the past.

B.       Write a very short and simple story about event in the past by your own word.


Horizontal Scroll: EXPERIENCE IN THE PAST 





........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................























ANSWER KEY

Lampiran 3 : Pengetahuan
1.      B          6.   C
2.      D         7.   A
3.      A         8.   C
4.      A         9.   C
5.      A         10. D

Lampiran 4 : Ketrampilan
1.      Because we took pictures of the beautiful scanery there and we took a rest and had lunch under a big tree.
2.      Last week, my friends and I went to Jogja. We visited many places. , we visited Parangtritis beach. The sun shone brightly and the scenery was very beautiful there. We felt the wind blew across to us. For me, that was a beautiful day. we really enjoyed it, and I hope I could visit Jogja again.
3.      (+) I went to Jakarta last Christmas
(- ) I did not go to Jakarta last Christmas
(? ) Did you go to Jakarta last Cristmas ?
 4.  
No.
Verb 1
Verb 2
1.
See
Saw
2.
Go
Went
3.
Come
Came
4.
Tell
Told
5.
Have
Had
6.
Walk
Walked
7.
Win
Won
8.
Rise
Rose
9.
Eat
Ate
10.
Give
Gave
       
       5.  1.  Young         6.   Remembered
            2.   Playing       7.   Enjoyed
            3.   Traveled     8.   Time
            4.   Plane          9.   Traveling
            5.   Airport       10. Australia

Part Three:
A.      1. You want to know what your friend’s past event.
2. You want to tell your friend about your past event.
3. Describe your event in the past.

B.    
            Last week, I and my dad went to a store. We went there to buy some candies. In the store, the candies looked so good. I would have bought a lot of them but my dad said I could only have three. I gave the store owner the money for the candies. As we left the store, I ate one of the candies. It was yummy. I hope we come back soon.

 
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar