Silabus
Sekolah :
SMP...........
Kelas :
VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal
(bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta,
memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari
fakta, dan meminta dan memberi pendapat
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan –
ungkapan:
A : Let
me help you.
B
: Thank you so much.
A:
Can I have a bit?
B:
Sure. Here you are.
A: Did you break the
glass?
B: Yes I did /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of
this?
B:
Not bad.
Percakapan singkatan memuat ungkapan –
ungkapan:
A:
Would you come to my party?
B:
I’d love to / I want to, but ........
A;
I do agree
B;
Thanks for the support.
A;
No way ....
B: It’s O.K. No problem
A:
You have beautiful hair.
B:
Thank you.
A:
Happy birthday.
B:
Thank you.
|
1. Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan
dibicarakan.
2. Membahas kosakata ( noun phrase, verb phrase, adverb phrase)
tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu,
informasi faktual, pendapat terkait
materi percakapan .
3. Mendengarkan percakapan yang
memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
4. Menjawab pertanyaan tentang isi
percakapan.
5. Memberi respon lisan dan tulis
terhadap ungkapan yang didengar.
1. Memberi respons lisan Curah pendapat tentang hal-hal terkait
topik/ungkapan yang akan dibahas
2. Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topik / ungkapan yang dibahas
3. Mendengarkan percakapan memuat ungkapan terkait marteri
4. Tanya jawab tentang isi percakapan
5. Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan
|
m
·
Merespon ungkapan meminta, memberi,
menolak jasa
·
Merespon ungkapan meminta, memberi,
menolak barang
·
Mengakui, mengingkari fakta
·
Merespon ungkapan meminta dan memberi
pendapat
·
Merespon ungkapan
mengundang,menerima, dan menolak ajakan
·
Merespon ungkapan menyetujui / tidak
menyetujui
·
Merespon ungkapan memuji
·
Merespon ungkapan memberi selamat
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Merespon secara lisan
Pertanyaan lisan
Pilihan ganda
Pertanyaan lisan
Isian
|
Respond
the following statement
Q:
Let me help you
A:.......
Q:
Can I have a bit?
A:
...........
Choose
the right response
Q:
Did you break the glass?
a.
Yes, I did
b.
I don’t know
c.
I’m not sure
d.
All right
Q:
What do you think of my new dress
A:............
Write
your response to the following statements:
1.
Would you go with me to the movie?
2.
I do agree with you to
join the speech contest
3.
You have beautiful hair.
4. You passed your exams.
Congratulations.
|
2 x 40 menit
2
x 40 menit
|
1. Script percakap -
an
2. Rekaman
Percakapan:
- Cassette
- Tape
Recorder
- CD
- CD Player
- TV
3. Gambar-
gambar/
benda terkait
1 Script percakapan
2 Rekaman percakapan
3 Tape recorder
4 Gambar yang relevan
5
Buku teks yang relevan
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
2.
Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
·
Teks fungsioanl pendek
berupa : Undangan
Contoh:
Dear
Rio,
I
want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
· Ciri kebahasaan teks fungsional pendek
· Langkah retorika teks:
-
descriptive (identification – descriptions)
-
recount ( orientation events)
-
reorientation
Teks lisan berbentuk
·
descriptive
·
recount
Langkah retorika teks :
·
descriptive
(identification – descriptions)
·
recount ( orientation
events – reorientation)
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas
2. Membahas kosakata yang terkait tema/topik/undangan (noun phrase, verb
phrase)
3. membahas ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam undangan:
-
I want you to come
to.......
-
Please come to .....
-
Don’t forget to come
to......
4.
Mendengarkan teks
fungsional pendek (undangan)
5.
menjawab pertanyaan tentang berbagai
informasi yang terdapat dalam teks fungsional, undangan.
6.
Mendengarkan contoh-contoh undangan
lainnya dari teman.
7.
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks
fungsional pendek : undangan
-
invitee
-
occasion
-
time
-
place
-
Invitor
1
Eliciting kosakata terkait tema/topik/ jenis teks
2
Membahas tata bahasa
terkait jenis teks yang akan dibahas
3
Mendengarkan teks monolog descriptive
/ recount dengan topik tertentu
4
Menjawab pertanyaan
tentang berbagai informasi terkait teks yang didengar
5
Menjawab pertanyaan
tentang tujuan komunikatif teks yang didengar
|
·
Mengidentifikasi informasi yang
terdapat dalam teks fungsional pendek berupa
undangan.
·
Mengidentifikasi ciri kebahasaan
dalam teks fungsional pendek berupa
Undangan.
·
Mengidentifikasi Informasi/makna yang
terdapat dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
·
Mengidentifikasi fungsional dan
langkah retorika teks deskriptif dan recount.
|
Tes tertulis
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Melengkapi rumpang
Pertanyaan lisan
PG
|
Complete
the following sentences based on the text you hear
Answer
the questions orally based on the text you listen to
Choose
the best option based on the text you have listened to
|
2 x 40 menit
2 x 40 menit
|
1. Script teks undangan
2. Rekaman undangan
-
cassette
-
tape recorder
-
CD
-
CD Player
-
TV
3. Gambar/ realia
terkait tema/topik/ jenis teks
1 Buku teks yang relevan
2 Gambar terkait tema / topik
3
Script teks:
descriptive / recount
4 Rekaman teks
5 Tape recorder
6 OHP
7 Lingkungan sekitar
|
Standar Kompetensi : Berbicara
3. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan
pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2 Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui,
memuji, dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan memuat ungkapan –
ungkapan.
A; Let
me help you.
B:
Thank you so much.
A:
Can I have a bit.
B:
Sure. Here you are.
A: Did you break the
glass?
B:
Yes, I did /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of
this?
B:
Not bad.
A:
Would you come to
party?
B:
I’d love to / I wan’t to,
but
.........
A:
I do agree.
B:
Thanks for the
Support.
A:
No, way, ...
B:
It’s O.K. I
understand.
A:
You have beautiful
hair.
B:
Thank you.
A:
Happy birthday.
B;
Thank you.
|
1. Review kosakata dan ungkapan-ungkapan terkait
materi dan tema
2. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
3. Bermain peran melakukan percakapan yang disediakan guru
4. Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi /gambar yang
disediakan
5. Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalam real life situation
1. Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
2. Memperkenalkan kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang akan dibahas
3. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi
4. Menirukan percakapan yang diucapkan guru
5. Melakukan percakapan yang diberikan
6. Melakukan tanya jawab menggunakan ungkapan
|
·
Bertanya dan menjawab
tentang meminta,memberi, menolak jasa
·
Bertanya dan menjawab
tentang meminta,memberi, menolak barag
·
Bertanya dan menjawab
tentang mengakui, mengingkari fakta
·
Bertanya dan memberi
pendapat
·
Bertanya dan menjawab
tentang mengundang, menerima, menolak ajakan
·
Bertanya dan menjawab
tentang menyetujui.tidak menyetujui
·
Bertanya dan menjawab
tentang memuji
·
Bertanya dan menjawab
tentang memberi selamat
|
Tes
lisan
Tes
lisan
|
Bermain peran
Bermain peran
|
Create
a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
Create
a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
|
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3. Realia
Benda
sekitar
|
Standar Kompetensi : Berbicara
4.
Mengungkap kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1
.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
4.2.
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsional pendek berupa :Undangan
1.
Teks pendek berbentuk recount
2.
–
informasi faktual
- informasi rinci
- gagasan utama
- gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
3.
Ciri kebahasaan teks
recount
|
1. Mendengarkan teks fungsional pendek: undangan
2. Tanya jawab tentang isi teks “undangan”
3. Tanya jawab tentang struktur teks
4. Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk undangan
- I want to come to....
- Please come to ........
5. Berlatih mengundang seseorang
secara lisan menggunakan gambit-gambit tertentu
Contoh:
A: Hi Guys, I want you all to
come to my birthday party.
B: We’d
love to! When?
A:
Tomorrow, at 4.00
6. Secara berpasangan atau dalam kelompok mengungkapkan undangan berdasarkan
konteks/situasi yang diberikan
7. Secara mandiri mengungkapkan undangan lisan
1. Tanya
jawab berbagai hal terkait topik tertentu ( peristiwa, kejadian, pengalaman )
2. Mengembangkan
kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks recount
3. Mengidentifikasi
kejadin, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami melalui tanya jawab
4. Melakukan
monolog dalam bentuk recount
|
·
Mengungkapan secara lisan
teks fungsional pendek berbentuk undangan.
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
·
Bertanya dan menjawab
secara lisan berbagai informasi tentangteks fungsional pendek berbentuk undangan
1. Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek
berbentuk :
- Recount
2. Melakukan monolog pendek dalam bentuk recount
|
Tes
lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Performance
Performance
|
Invite
your friend to come to your bithday
party orally!
Think
of an activity or event that happened to you yesterday and tell us about it.
|
2 x
40 menit
4
x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar
1. Buku teks yang relevan
2. Koran/majalah
3. Gambar peristiwa
|
|
Standar Kompetensi : Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1. Membaca
nyaring bermakna teks tulis fungsional dan
esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2. Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3.
Merespon makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
Teks fungsional pendek berupa: Undangan
· Makna
gagasan
· Makna
tekstual dalam teks descriptive dan
recount
· Langkah
retorika teks descriptive dan recount
· Tujuan
komunikatif teks descriptive dan
recount
· Ciri
kebahasaan teks descriptive dan recount
|
1.
Brain storming tentang berbagai hal
terkait teks fungsional pendek berbentuk “undangan”
2.
Mendengarkan undangan yang dibacakan
oleh guru/teman
3.
membaca nyaring teks fungsioanl
pendek tentang undangan
4.
menjawab pertanyaan tentang isi teks
fungsional pendek “undangan”
5.
Menyebutkan tujuan komunikatif teks
fungsional pendek “undangan”
6.
Menjwab pertanyaan tentang ciri
kebahasaan teks fungsional pendek “undangan”
1.
Tanya jawab berbagai hal terkait
tema/topik bacaan
2.
Review kosakata dan tatabahasa
terkait jenis teks descriptive/recount
3.
Membaca teks descriptive/recount
4.
Menjawab pertanyaan tentang informasi
yang terdapat dalam teks
5.
Menjawab pertanyaan tentang tujuan
komunikatif tdan langkah retorika teks descriptive/recount
6.
Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks
yang dibaca
7.
Membaca nyaring dan bermakna teks descriptive/recount
|
·
Membaca dengan nyaring dan bermakna
teks fungsional pendek berbentuk undangan
·
Mengidentifikasi berbagai informasi
dalam teks fungsional pendek berbentuk undangan
·
Mengidentifikasi fungsi sosial teks
fungsional pendek berbentuk undangan
·
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks
fungsional pendek berbentuk undangan
·
Makna gagasan
·
Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
·
Langkah retorika teks descriptive dan recount
·
Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
·
Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
|
Tes lisan
Tes tertulis
Tes tulis
Tes lisan
|
Membaca
nyaring
Uraian
PG
Membaca
nyaring
|
Read
the the text aloud and clearly.
Answer the
following questions based on the text
Choose the
best option based on the text.
Read the text aloud.
|
2 x 40 menit
4 x 40 menit
|
1.
Buku teks yang relevan
2.
Gambar terkait tema/topik
3.
Benda-benda sekitar
1.
Buku teks yang relevan
2.
Koran/majalah
3.
Gambar peristiwa/tempat
4.
Lingkungan sekitar
|
Standar Kompetensi : Menulis
6. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive,
dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
6.1.
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks
tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
6.2. Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsional pendek
berupa :
- Undangan - Pengumuman - Pesan Singkat
Teks
rumpang berbentuk - descriptive - recount
Kalimat acak
|
1.
Tanya jawab berbagai hal terkait
tema/topik teks fungsional yang akan dibahas
2.
Penguatan kembali kosakata dan tata bahasa
terkait jenis teks fungsional
3.
Menulis kalimat sederhana terkait
jenis teks
4.
Menulis teks fungsional pendek
berdasarkan konteks
1.
Review ungkapan-ungkapan yang
mendeskripsikan benda, orang atau tempat.
2.
Menulis kalimat yang mendeskripsikan
benda, tempat, orang atau binatang berdasarkan gambar/realia.
3.
Melengkapi rumpang dalam teks
deskriptif dengan kata yang tepat.
4.
Menyusun kalimat acak menjadi teks
deskriptif yang terpadu.
5.
Membuat draft teks deskriptive secara
mandiri.
6.
Mengekspos teks descriptive yang ditulis
di kelas.
|
·
Melengkapi rumpang teks fungsional
pendek
·
Meyusun kata menjadi teks fungsional
yang bermakna
·
Menulis teks fungsional pendek
·
Melengkapi rumpang teks essai pendek
berbentuk descriptive
·
Menyusun kalimat menjadi teks yang
bermakna dalam bentuk descriptive
·
Menulis teks essai dalam bentuk descriptive .
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Essay
Completion
Jumbled
sentences
Essay
|
1. Write simple sentences based on the
situation given.
2. Write an invitation/ an announcement
/ message based on the situation given.
·
Complete the paragraph using the
suitable words.
·
Rearrange the following sentences
correctly.
·
Write
an essay describing something or a certain place.
|
2 x
40 menit
4 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevanContoh undangan, pengumuman, SMS
2. Gambar yang relevan
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait tema/topik
3. Benda-benda sekitar
|
|
...........................................,
...................................
Mengetahui:
Kepala
.................................................... Guru
Mata Pelajaran,


Silabus
Sekolah :
SMP...........
Kelas :
VIII (Delapan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
7.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuat
7.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...
A: Can I have
a bit
B: Sure, here
you are
A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry
A: Do you
like it?
B: Yes I do
A: Have you done
it?
B: Sorry, I
haven’t
A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say
anything
A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it
I do it again.
B: Fine, with
me.
A: I have to
go now.
B: Do you
have to?
A: ..........
B: Right / I
see / Hm...m.
·
Hello,
excuse me .....
·
Did
you? / Were you ?
·
Thanks/
Bye.../ See you.
·
Could
I speak to .... please?
·
Well,
I’m calling to....
·
Nice
talking to you
|
1.
Eliciting kosakata
terkait topik yang akan dibahas (noun, verb, adjective, adverb)
2.
Menentukan makna kata dan
menggunakannya dalam kalimat
3.
Mendengarkan guru dan menirukan
ungkapan-ungkapan terkait materi
4.
Mendengarkan percakapan tentang
materi terkait
5.
Menjawab berbagai informasi yang
terdapat dalam percakapan
6.
Merespon ungkapan-ungkapan yang
terkait materi
1.
Tanya jawab berbagai hal terkait
tema/topik yang akan dibahas
2.
Mendaftar kosakata yang digunakan
dalam percakapan
3.
Menentukan makna kosakata dalam
daftar
4.
Menggunakan kosakata dalam kalimat
5.
Tanya jawab menggunakan ungkapan –
ungkapan terkait
6.
Menirukan ungkapan yang diucapkan
guru
7.
Mendengarkan percakapan
8.
Menjawab pertanyaan tentang
percakapan
|
·
Merespon ungkapan meminta,memberi,
menolak jasa
·
Merespon ungkapan meminta,memberi,
menolak barang
·
Merespon ungkapan meminta, memberi,
mengingkari informasi
·
Merespon ungkapan meminta,memberi,
menolak pendapat
·
Merespon ungkapan meminta,menerima,
menolak tawaran
·
Merespon ungkapan meminta,memberi
persetujuan
·
Merespon ungkapan pernyataan
·
Merespon ungkapan memberi perhatian
terhadap pembicara
·
Mengawali, memperpanjang an menutup
percakapan
·
Merespon ungkapan mengawali,
memperpanjang dan menutup percakapan telepon
|
Tes tertulis
Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
|
Isian singkat
Jawaban singkat
Merespon ungkapan
Melengkapi percakapan
|
Listen to the
expression and write your response to it.
Listen to the
expression and give your response to it.
Listen to the
expressions and give your response to them.
Listen to the
dialogue and complete the text
|
2 x 40 menit
2 x 40 menit
|
1.
Script per uku teks yang relevan
2.
Rekaman percakapan
3.
Tape recorder
4.
CD
5.
CD player
6.
gambar
7.
Benda sekitar
8.
model benda
1
Buku teks yang relevan
2
Script percakapan
3
Rekaman percakapan
4
Tape recorder
5
Gambar yang relevan
|
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
8.
Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||
8.1
Merespon makna yang terdapat dalam
teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2 Merespon
makna yang terdapat dalam monolog
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
|
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...
A: Can I have
a bit
B: Sure, here
you are
A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry
A: Do you
like it?
B: Yes I do
A: Have you done
it?
B: Sorry, I
haven’t
A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say
anything
A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it
I do it again.
B: Fine, with
me.
A: I have to
go now.
B: Do you
have to?
A: ..........
B: Right / I
see / Hm...m.
·
Hello,
excuse me .....
·
Did
you? / Were you ?
·
Thanks/
Bye.../ See you.
·
Could
I speak to .... please?
·
Well,
I’m calling to....
·
Nice
talking to you
|
7.
Eliciting kosakata
terkait topik yang akan dibahas (noun, verb, adjective, adverb)
8.
Menentukan makna kata dan
menggunakannya dalam kalimat
9.
Mendengarkan guru dan menirukan
ungkapan-ungkapan terkait materi
10. Mendengarkan
percakapan tentang materi terkait
11. Menjawab
berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
12. Merespon
ungkapan-ungkapan yang terkait materi
9.
Tanya jawab berbagai hal terkait
tema/topik yang akan dibahas
10. Mendaftar
kosakata yang digunakan dalam percakapan
11. Menentukan
makna kosakata dalam daftar
12. Menggunakan
kosakata dalam kalimat
13. Tanya
jawab menggunakan ungkapan – ungkapan terkait
14. Menirukan
ungkapan yang diucapkan guru
15. Mendengarkan
percakapan
16. Menjawab
pertanyaan tentang percakapan
|
·
Mengidentifikasi berbagai informasi
dalam teks fungsional pendek undangan,pengumuman,pesan singkat
·
Mengidentifikasi tujuan komunikatif
teks fungsional pendek
·
Mengidentifikasi berbagai informasi
dalam teks monolog narative
·
Mengidentifikasi tujuan komunikatif
teks naratif
|
· Teks
fungsional pendek :
-
undangan,
-
pengumuman,
-
pesan singkat
· Tujuan
komunikatif teks fungsional pendek :
-
undangan,
-
pengumuman,
-
pesan singkat
· Teks
monolog berbentuk : - narrative
- recount
· Tujuan
komunikatif teks berbentuk :
-
narrative
-
recount
|
1.
Tanya jawab tentang berbagai hal
menggunakan kosakata dan ungkapan yang telah dipelajari
2.
Review berbagai jenis teks fungsional
pendek yang sering dijumpai
3.
Mendengarkan teks fungsional pendek
terkait tema/topik tertentu
4.
Menjawab berbagai pertanyaan terkait
informasi dalam taeks fungsional yang didengar
5.
Menentukan tujuan komunikatif dari
teks yang didengar
1.
Tanya jawab berbagai hal terkait
tema/topik/jenis teks
2.
Eliciting cerita yang
dikenal siswa
3.
Tanya jawab tentang salah satu cerita
yang dikenal siswa
- tokoh, tempat
kejadian
- problem, solusi,
akhir cerita
4. Mendengarkan cerita terkait tema/topik
dari guru/teman
5. Tanya jawab tentang informasi dalam
cerita yang di dengar
6.
Tanya jawab tentang tujuan
komunikatif dari teks yang di dengar
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Melengkapi
rumpang
Pilihan ganda
|
Listen to the
dialogue and complete the following text.
Listen to the
text and choose the right answer
|
2 x 40 menit
2 x 40 menit
|
1.
Buku
teks yang relevan
2.
Script teks fungsional pendek
3.
Rekaman teks
4.
Tape recorder
5.
Contoh teks fungsional
6.
Gambar yang relevan
1.
Buku teks yang relevan
2.
Script cerita naratif
3.
Rekaman cerita
4.
Tape recorder
|
|
Standar Kompetensi : Berbicara
9.
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
9.1.
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2.
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian
terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta
mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
Percakapan singkat memuat ungkapan – ungkapan :
A: Do you mind lending me some money?
B: No,
problems
A: Can I have
a bit?
B: Sure, here
you are.
A: Here is some money for you.
B: Sorry, I can’t take this.
A: Do you like
it ?
B: Yes, I do.
A: Have you
done it?
B:No, I
haven’t.
A: Do you think it’s good?
B: I think it is / Sorry I can’t say
any thing
A: Would you like some .....?
B: Yes, please / No, Thanks
Teks percakapan memuat ungkapan berikut:
A: what if I
do it again?
B: Fine with
me.
A: I Must go
now
B: Do you have
to?
· Right.
· I see.
· Hm...m yeah
· Hello,excuse me
· Did you? / Were you?
· Thanks/ Bye / see you
· Could I speak to ..?
· Well,I’m calling to ...?
· Nice talking to you.
|
1.
Mengembangkan kosakata terkait dengan
jenis ungkapan dan tema/topik yang terkait
2.
Tanya jawab tentang berbagai hal
menggunakan ungkapan terkait materi/topik.tema yang di pillih
3.
Menirukan ungkapan-ungkapan terkait
materi yang diucapkan guru
4.
Latihan bertanya dan menjawab
menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara berpasangan
5.
Bermain peran melakukan percakapan
berdasarkan situasi yang diberikan
1.
Tanya jawab menggunakan berbagai
kosakata dan ungkapan yang telah dipelajari
2.
Mendengarkan yang memuat ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari
3.
Menjawab pertanyaan tentang isi
percakapan
4.
Menjawab pertanyaan tentang makna dan
fungsi ungkapan terkait
5.
Menggunakan ungkapan – ungkapan
terkait berdasarkan konteks
6.
Bermain peran mengunakan ungkapan
yang telah dipelajari
|
·
Bertanya dan menjawab tentang
meminta,memberi,menolak jasa
·
Bertanya dan menjawab tentang
meminta,memberi,menolak barang
·
Bertanya dan menjawab tentang
meminta,memberi dan mengingkari informasi
·
Bertanya dan menjawab tentang
meminta,memberi dan menolak pendapat
·
Bertanya dan menjawab tentang
menawarkan,menerima,menolak sesuatu
·
Bertanya dan menjawab tentang
meminta,memberi persetujuan
·
Bertanya dan menjawab tentang
merespon pernyataan
·
Bertanya dan menjawab tentang memberi
perhatian terhadap lawan bicara
·
Mengawali,memperpanjang menutup
percakapan
·
Mengawali,memperpanjang menutup
percakapan telepon
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Bermain peran
Bermain peran
|
Create a
dialogue based on the role cards and perform it in front of the class
Create a
dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
|
2 x 40 menit
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar yang relevan
3. Benda sekitar
1. Buku
teks yang relevan
2. Gambar
yang relevan
3. Benda
sekitar
4. Kartu
peran
|
|
Standar Kompetensi : Berbicara
10.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
10.1 Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2 Mengungkap
kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
|
·
Teks fungsional pendek :
- Undangan
- Pengumuman
- Pesan singkat
·
Teks monolog berbentuk narrative
|
1.
Review kosakata dan ungkapan yang
digunakan dalam teks fungsional pendek terkait materi
2.
Membuat kalimat sederhana untuk:
-
mengundang
-
mengumumkan
-
memberi pesan
3.
Membahas gambit-gambit yang sering
muncul dalam teks fungsional terkait
4.
Membuat secara lisan:
-
undangan
-
pengumuman
-
pesan singkat
1.
Review kosakata dan tata bahasa
terkait jenis teks narrative dan tema yang dipilih
2.
Membuat kalimat sederhana secara
lisan terkait ciri-ciri kebahasaan teks narrative
-
simple
past
-
past
continuous
-
temporal
conjunctions
-
connective
words
-
adverbs
-
adjectives
3.
Melakukan percakapan terkait cerita
populer di kotanya menggunakan gambit-gambit yang sesuai.
Contoh: Really? That’s terrible!, How then?,
First,...., then...., finally...
4.
Menceritakan kembali teks narative
yang pernah didengar
5.
Menceritakan berdasarkan
Gambar cerita
populer.
|
·
Mengungkapkan secara lisan teks
fungsional : - Pengumuman - Undangan - Pesan singkat
·
Bertanya dan menjawab secara lisan
berbagai info dalam teks pengumuman, undangan, pesan singkat
·
Melakukan monolog pendek sederhana
dalam bentuk narrative dan recount
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Performance
Performance
|
1. Invite your friend orally to join a
discussion on the danger of drugs.
2. Give announcement orally about the
plan of the trip to Borobudur Temple.
3. Tell your friend to wait for you after
school.
1.
Retell
a story that you know very well.
2. Tell
a story based on the series of a pictures given.
|
2 x 40 menit
4 x 40 menit
|
1. Buku
teks yang relevan
2. Gambar
terkait materi dan topik
3. Benda
sekitar
4. Teks
bentuk khusus:
-
undangan
-
pengumuman
-
pesan singkat
1.Buku
teks yang relevan
2.Gambar yang relevan
3.Benda
sekitar
4.
Buku cerita dalam bahasa Inggris
|
|
Standar Kompetensi : Membaca
11.
Memahami makna dalam esei
pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||
11.1 Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount
dan narrative dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan
sekitar
11.2 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
|
·
Teks Essai berbentuk narrative / recount
·
Ciri kebahasaan
Teks Essai berbentuk narrative / recount
·
Tujuan komunikatif teks essai narratif
/ recount
·
Langkah retorika narrative
/ recount
· Teks
fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan
· Tujuan
komunikatif
· Ciri
kebahasaan
|
1.
Tanya jawab mengembangkan kosakata
berdasarkan gambar cerita popular
2.
Tanya jawab menggali informasi dalam
cerita berdasarkan gambar
3.
Mendengarkan teks narrative /
recount yang dibaca guru
4.
Membaca nyaring teks narrative /
recount dengan ucapan dan intonasi yang benar
5.
Menjawab berbagai pertanyaan tentang
informasi dalam teks yang di baca
6.
Menentukan tujuan komunikatif teks narrative
/ recount yang di baca
7.
Menentukan langkah retorika dari teks
narrative / recount yang di baca
8.
Menentukan ciri kebahasaan teks narrative / recount yang di baca
9.
Membaca teks narrative / recount
lainnya
1. Mencermati
teks fungsional pendek terkait materi
2. Menyebutkan
jenis teks fungsional yang dicermati
3. Membaca
nyaring teks fungsional terkait materi
4. Menjawab
pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
5. Menyebutkan
ciri-ciri teks fungsional yang dibaca
6. Membaca
teks fungsional pendek lainnya dari berbagai sumber
|
·
Membaca nyaring dan bermakna teks
essai berbentuk narrative / recount
·
Mengidentifikasi berbagai makna teks narrative / recount
·
Mengidentifikasi tujuan komunikatif
teks narrative / recount
·
Mengidentifikasi langkah retorika dan
ciri kebahasaan teks narrative /
recount
·
Mengidentifikasi berbagai informasi
dalam teks fungsional
·
Mengidentifikasi tujuan komunikatif
teks fungsional
·
Mengindentifikasi ciri kebahasaan
teks fungsional
|
Tes lisan
Tes tulisan
Tes tulis
|
Membaca nyaring
Pilihan ganda
Isian singkat
Pertanyaan tertulis
PG
|
Read the story
aloud.
Choose the
right answer based on the text.
Complete the
following sentences using the information from the text.
Answer the
following questions based on the text.
Choose the
best option, a,b,c or d
|
4 x 40 menit
2 x 40 menit
|
1.Buku
teks yang relevan
2.
Buku cerita bahasa Inggris
3.
Gambar - gambar terkait cerita
4.
Rekaman cerita
5.
Tape recorder
6. CD
7. VCD player
1.
Buku teks yang relevan
2.
Contoh teks fungsional
3.
Gambar terkait materi dan topik
4.
Benda sekitar
|
|||||
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
12.1.
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks
tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
12.2. Mengungkap
kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar berbentuk recount dan narrative
|
Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat
·
Teks Essai narrative
/ recount
·
Ciri kebahasaan teks narrative / recount
·
Langkah retorika teks narrative / recount
|
1.
Review tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional
pendek terkait materi
2.
Menulis kalimat sederhana untuk
mengundang, mengumumkan, pesan singkat
3.
Melengkapi taeks fungsional pendek
4.
Menulis teks fungsional pendek
1.
Review ciri kebahasaan teks narrative
2.
Membuat kalimat sederhana terkait
teks narrative
3.
Mengembangkan langkah retorika teks recount
dan narrative
4.
Membuat draft teks recount dan
narrative
5.
Menulis teks recount dan narrative
berdasarkan draft yang dibuat
6.
Memajang hasil tulisan di dinding
|
Menulis teks fungsional pendek berbentuk : - Pengumuman - Undangan - pesan singkat
Menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk narrative dengan langkah retorika yang benar
|
Tes tulis
Tes tertulis
|
Essay
Uraian
|
1. Write sentences based on the
situation given.
2. Complete the text using suitable
word/words.
3. Write a text of invitation on
your farewell party.
Write a short narrative text based on:
a. The story you have ever read.
b. Series of pictures given.
|
2 x 40 menit
4 x 40 menit
|
1.
Buku teks yang relevan
2. Contoh
teks fungsional
3. Gambar
terkait materi dan topik
4. Benda
sekitar
1.Buku
teks yang relevan
2.
Buku cerita bahasa Inggris
3.
Gambar - gambar terkait cerita
|
|
Mengetahui:
Kepala
.................................................... Guru
Mata Pelajaran,


Tidak ada komentar:
Posting Komentar