Minggu, 10 Agustus 2014

contoh silabus bahasa inggris kelas VIII semester 1

                                                                      Silabus

Sekolah                       : SMP...........
Kelas                            : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran           : BAHASA INGGRIS
Semester                     : 1 (Satu)

Standar Kompetensi       : Mendengarkan
1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

1.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat






1.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat



Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:

A : Let me help you.
B : Thank you so much.

A: Can I have a bit?
B: Sure. Here you are.                                                    

A: Did you break the glass?
B: Yes I did  /  No, it wasn’t me.

A: What do you think of this?
B: Not bad.















Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A: Would you come to my party?
B: I’d love to /  I want to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the support.
A; No way ....
B:  It’s O.K. No problem

A: You have beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.





1.       Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan dibicarakan.
2.       Membahas kosakata ( noun   phrase, verb phrase, adverb phrase) tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu, informasi faktual, pendapat terkait  materi percakapan .
3.       Mendengarkan percakapan  yang memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
4.     Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
5.     Memberi respon lisan dan tulis terhadap ungkapan yang didengar.



1.       Memberi respons lisan Curah pendapat tentang hal-hal terkait topik/ungkapan yang akan dibahas
2.       Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topik / ungkapan yang dibahas
3.       Mendengarkan percakapan memuat ungkapan terkait marteri
4.       Tanya jawab tentang isi percakapan
5.       Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan

m

·          Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
·          Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak barang
·          Mengakui, mengingkari fakta


·          Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat

















·          Merespon ungkapan mengundang,menerima, dan menolak ajakan
·          Merespon ungkapan menyetujui / tidak menyetujui

·          Merespon ungkapan memuji
·          Merespon ungkapan memberi selamat







Tes  lisan




Tes lisan



Tes lisan








Tes lisan





Tes lisan




Merespon secara lisan



Pertanyaan lisan



Pilihan ganda








Pertanyaan lisan





Isian


Respond the following statement
Q: Let me help you
A:.......

Q: Can I have a bit?
A: ...........

Choose the right response
Q: Did you break the glass?
a. Yes, I did
b. I don’t know
c. I’m not sure
d. All right

Q: What do you think of my new dress
A:............


Write your response to the following statements:
1. Would you go with me to the movie?
2. I do agree with you to join the speech contest
3. You have beautiful hair.
4. You passed your exams. Congratulations.




2  x 40 menit
























2 x 40 menit



1. Script percakap -
    an
2. Rekaman
    Percakapan:
-  Cassette
-  Tape
   Recorder
-  CD
-  CD Player
-  TV
3. Gambar-
gambar/
benda terkait











1  Script percakapan
2  Rekaman percakapan
3  Tape recorder
4  Gambar yang relevan
5         Buku teks yang relevan












Standar Kompetensi  : Mendengarkan
2.       Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  descriptive dan recount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

















2.2   Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount



·   Teks fungsioanl pendek berupa :                  Undangan                   
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
                     Mona


·    Ciri kebahasaan teks fungsional pendek




·   Langkah retorika teks:
-        descriptive (identification – descriptions)
-        recount ( orientation events)
-        reorientation













Teks lisan berbentuk
·          descriptive
·          recount


Langkah retorika teks :
·          descriptive (identification – descriptions)
·          recount ( orientation events – reorientation)


1.       Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas
2.       Membahas kosakata yang terkait tema/topik/undangan (noun phrase, verb phrase)
3.       membahas ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam undangan:
-        I want you to come
     to.......
-        Please come to .....
-        Don’t forget to come
      to......
4.       Mendengarkan teks fungsional pendek (undangan)
5.       menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam teks fungsional, undangan.
6.       Mendengarkan contoh-contoh undangan lainnya dari teman.
7.       Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek : undangan
-        invitee
-        occasion
-        time
-        place
-        Invitor

1         Eliciting kosakata terkait tema/topik/ jenis teks
2         Membahas tata bahasa terkait jenis teks yang akan dibahas
3         Mendengarkan teks  monolog descriptive / recount dengan topik tertentu
4         Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi terkait teks yang didengar
5         Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks yang didengar


·          Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa 
undangan.  
                       
·          Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa   Undangan.                          


























·          Mengidentifikasi Informasi/makna yang terdapat dalam teks berbentuk descriptive dan recount
·          Mengidentifikasi fungsional dan langkah retorika teks deskriptif dan recount


Tes tertulis






































Tes lisan






Tes tulis

Melengkapi rumpang





































Pertanyaan lisan





PG


Complete the following sentences based on the text you hear



































Answer the questions orally based on the text you listen to



Choose the best option based on the text you have listened to

2 x 40 menit






































2 x 40 menit


















1.  Script teks undangan
2. Rekaman undangan
-          cassette
-          tape recorder
-          CD
-          CD Player
-          TV
3. Gambar/ realia terkait tema/topik/ jenis teks



























1  Buku teks yang relevan
2  Gambar terkait tema / topik
3         Script teks:  descriptive / recount
4  Rekaman teks
5  Tape recorder
6  OHP
7  Lingkungan sekitar













Standar Kompetensi  : Berbicara
3.      Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

3.2   Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat



Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan.

A; Let me help you.
B: Thank you so much.

A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.

A: Did you break the glass?
B: Yes, I did  /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.









A: Would you come to
     party?
B: I’d love to / I wan’t to,
    but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
     Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
     understand.
A: You have beautiful
     hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.

















1.       Review kosakata dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
2.       Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
3.       Bermain peran melakukan percakapan yang disediakan guru
4.       Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi /gambar yang disediakan
5.       Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalam real life situation



1.       Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
2.       Memperkenalkan kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang akan dibahas
3.       Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi
4.       Menirukan percakapan yang diucapkan guru
5.       Melakukan percakapan yang diberikan
6.       Melakukan tanya jawab menggunakan ungkapan















·          Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak jasa
·          Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, menolak barag
·          Bertanya dan menjawab tentang mengakui, mengingkari fakta
·          Bertanya dan memberi pendapat











·          Bertanya dan menjawab tentang mengundang, menerima, menolak ajakan

·          Bertanya dan menjawab tentang menyetujui.tidak menyetujui


·          Bertanya dan menjawab tentang memuji

·          Bertanya dan menjawab tentang memberi selamat




Tes lisan

























Tes lisan





Bermain peran

























Bermain peran
























Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.





















Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.


































2 x 40 menit







1. Buku teks yang relevan
2.  Gambar-gambar terkait tema
3. Realia
Benda sekitar

























Standar Kompetensi  : Berbicara
4.       Mengungkap kan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar




















4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Teks fungsional pendek berupa :Undangan                         











































1. Teks pendek berbentuk  recount
2.   –  informasi faktual
-    informasi rinci
-    gagasan utama
-    gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
3.   Ciri kebahasaan teks
      recount





1.       Mendengarkan teks fungsional pendek: undangan
2.       Tanya jawab tentang isi teks “undangan”
3.       Tanya jawab tentang struktur teks
4.       Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk undangan
- I want to come to....
- Please come to ........
5.       Berlatih mengundang seseorang  secara lisan menggunakan gambit-gambit tertentu
        Contoh:
        A: Hi Guys, I want you all to       come to my birthday party.
        B: We’d love to! When?
        A: Tomorrow, at 4.00
6.       Secara berpasangan atau dalam kelompok mengungkapkan undangan berdasarkan konteks/situasi yang diberikan
7.       Secara mandiri mengungkapkan undangan lisan


                         











1.       Tanya jawab berbagai hal terkait topik tertentu ( peristiwa, kejadian, pengalaman )
2.       Mengembangkan kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks recount
3.       Mengidentifikasi kejadin, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami melalui tanya jawab
4.       Melakukan monolog dalam bentuk  recount



 

·          Mengungkapan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan.                                 
Contoh:
Dear Rio,
       I want you to come to my      house for lunch on Sunday at 12 a.m.
      Thanks.
                                    
      Mona


·          Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentangteks fungsional pendek berbentuk undangan                                                   

























1.       Bertanya dan menjawab berbagai infmasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk :                                                - Recount
2.       Melakukan monolog pendek dalam bentuk  recount



Tes lisan












































Tes lisan





Tes lisan



Performance












































Performance





Invite your friend  to come to your bithday party orally!









































Think of an activity or event that happened to you yesterday and tell us about it.









2  x 40  menit












































4 x 40 menit

1. Buku teks yang relevan

2. Gambar terkait tema/topik

3. Benda-benda sekitar





































1. Buku teks yang relevan

2. Koran/majalah

3. Gambar peristiwa


 







Standar Kompetensi  : Membaca
5.  Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

5.1.       Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2.       Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar

5.3.  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount





Teks fungsional pendek berupa: Undangan     






















·    Makna gagasan
·    Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
·    Langkah retorika teks descriptive dan recount
·    Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
·    Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
                   


1.       Brain storming tentang berbagai hal terkait teks fungsional pendek berbentuk “undangan”
2.       Mendengarkan undangan yang dibacakan oleh guru/teman
3.       membaca nyaring teks fungsioanl pendek tentang undangan
4.       menjawab pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek “undangan”
5.       Menyebutkan tujuan komunikatif teks fungsional pendek “undangan”
6.       Menjwab pertanyaan tentang ciri kebahasaan teks fungsional pendek “undangan”

1.       Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
2.       Review kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
3.       Membaca teks descriptive/recount
4.       Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
5.       Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif tdan langkah retorika teks descriptive/recount
6.       Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca
7.       Membaca nyaring dan bermakna teks descriptive/recount



·          Membaca dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek berbentuk undangan                                                    
·          Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk undangan
·          Mengidentifikasi fungsi sosial teks fungsional pendek berbentuk undangan
·          Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek berbentuk undangan





·          Makna gagasan
·          Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
·          Langkah retorika teks descriptive dan recount
·          Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
·          Ciri kebahasaan teks descriptive dan recount



Tes lisan



Tes tertulis



















Tes tulis






Tes lisan


Membaca nyaring


Uraian



















PG






Membaca nyaring







Read the the text aloud and clearly.


Answer the  following questions based on the text
















Choose the best option based on the text.




Read the text aloud.



2 x 40 menit























4 x 40 menit



1. Buku teks yang relevan

2. Gambar terkait tema/topik

3. Benda-benda sekitar
















1. Buku teks yang relevan
2. Koran/majalah
3. Gambar peristiwa/tempat
4. Lingkungan sekitar



















Standar Kompetensi  : Menulis
6.  Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

6.1. Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar



6.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount





Teks fungsional pendek
  berupa :
- Undangan                          - Pengumuman                   - Pesan Singkat











Teks rumpang berbentuk                      - descriptive                   - recount

Kalimat acak




1.       Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik teks fungsional yang akan dibahas
2.       Penguatan kembali kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks fungsional
3.       Menulis kalimat sederhana terkait jenis teks
4.       Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks


1.       Review ungkapan-ungkapan yang mendeskripsikan benda, orang atau tempat.
2.       Menulis kalimat yang mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang berdasarkan gambar/realia.
3.       Melengkapi rumpang dalam teks deskriptif dengan kata yang tepat.
4.       Menyusun kalimat acak menjadi teks deskriptif yang terpadu.
5.       Membuat draft teks deskriptive secara mandiri.
6.       Mengekspos teks descriptive yang ditulis di kelas.




·          Melengkapi rumpang teks fungsional pendek
·          Meyusun kata menjadi teks fungsional yang bermakna
·          Menulis teks fungsional pendek







·          Melengkapi rumpang teks essai pendek berbentuk descriptive



·          Menyusun kalimat menjadi teks yang bermakna dalam bentuk descriptive

·          Menulis teks essai dalam bentuk descriptive .





Tes tulis















Tes tulis





Tes tulis




Tes tulis





Essay















Completion





Jumbled sentences



Essay




1. Write simple sentences based on the situation given.
2. Write an invitation/ an announcement / message based on the situation given.






·   Complete the paragraph using the suitable words.


·   Rearrange the following sentences correctly.

·   Write  an essay describing something or a certain place.






2 x 40 menit















4 x 40 menit



1. Buku teks yang relevanContoh undangan, pengumuman, SMS
2. Gambar yang relevan









1. Buku teks yang relevan

2. Gambar terkait tema/topik

3. Benda-benda sekitar



..........................................., ...................................
Mengetahui:
Kepala ....................................................                                                                                Guru Mata Pelajaran,






NIP/NRK                                                                                                                                NIP/NRK


















Silabus


Sekolah                       : SMP...........
Kelas                            : VIII (Delapan )
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Semester                     : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7.       Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuat



7.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...

A: Can I have a bit
B: Sure, here you are

A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry

A: Do you like it?
B: Yes I do

A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t

A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything

A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks


Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.

·         Hello, excuse me .....
·         Did you?  / Were you ?
·         Thanks/ Bye.../ See you.


·         Could I speak to .... please?
·         Well, I’m calling to....
·         Nice talking to you



1.       Eliciting kosakata terkait topik yang akan dibahas (noun, verb, adjective, adverb)
2.       Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat
3.       Mendengarkan guru dan menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi
4.       Mendengarkan percakapan tentang materi terkait
5.       Menjawab berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
6.       Merespon ungkapan-ungkapan yang terkait materi




1.       Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik yang akan dibahas
2.       Mendaftar kosakata yang digunakan dalam percakapan
3.       Menentukan makna kosakata dalam daftar
4.       Menggunakan kosakata  dalam kalimat
5.       Tanya jawab menggunakan ungkapan – ungkapan terkait
6.       Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
7.       Mendengarkan percakapan
8.       Menjawab pertanyaan tentang percakapan


·         Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak jasa


·         Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak barang

·         Merespon ungkapan meminta, memberi, mengingkari informasi

·         Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak pendapat

·         Merespon ungkapan meminta,menerima, menolak tawaran





·         Merespon ungkapan meminta,memberi persetujuan
·         Merespon ungkapan pernyataan
·         Merespon ungkapan memberi perhatian terhadap pembicara

·         Mengawali, memperpanjang an menutup percakapan

·          Merespon ungkapan mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan telepon


Tes tertulis




Tes lisan
























Tes lisan




Tes tulis



Isian singkat




Jawaban singkat























Merespon ungkapan



Melengkapi percakapan


Listen to the expression and write your response to it.

Listen to the expression and give your response to it.





















Listen to the expressions and give your response to them.

Listen to the dialogue and complete the text







2 x 40 menit





























2 x 40 menit

1. Script per uku teks yang relevan
2. Rekaman percakapan
3.  Tape recorder
4. CD
5. CD player
6. gambar
7. Benda sekitar
8. model benda























1  Buku teks yang relevan
2  Script percakapan
3  Rekaman percakapan
4  Tape recorder
5  Gambar yang relevan




















Standar Kompetensi : Mendengarkan
8.       Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1    Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar










8.2   Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount

Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...

A: Can I have a bit
B: Sure, here you are

A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry

A: Do you like it?
B: Yes I do

A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t

A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything

A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks


Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.

·         Hello, excuse me .....
·         Did you?  / Were you ?
·         Thanks/ Bye.../ See you.


·         Could I speak to .... please?
·         Well, I’m calling to....
·         Nice talking to you



7.       Eliciting kosakata terkait topik yang akan dibahas (noun, verb, adjective, adverb)
8.       Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat
9.       Mendengarkan guru dan menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi
10.   Mendengarkan percakapan tentang materi terkait
11.   Menjawab berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
12.   Merespon ungkapan-ungkapan yang terkait materi




9.       Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik yang akan dibahas
10.   Mendaftar kosakata yang digunakan dalam percakapan
11.   Menentukan makna kosakata dalam daftar
12.   Menggunakan kosakata  dalam kalimat
13.   Tanya jawab menggunakan ungkapan – ungkapan terkait
14.   Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
15.   Mendengarkan percakapan
16.   Menjawab pertanyaan tentang percakapan


·          Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek undangan,pengumuman,pesan singkat

·          Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional pendek













·          Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog narative

·          Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks naratif
·   Teks fungsional pendek :
-    undangan,
-    pengumuman,
-    pesan singkat

·   Tujuan komunikatif teks fungsional pendek :
-    undangan,
-    pengumuman,
-    pesan singkat













·   Teks monolog berbentuk :             - narrative
   - recount

·   Tujuan komunikatif teks  berbentuk :   
-          narrative
-          recount


1.  Tanya jawab tentang berbagai hal menggunakan kosakata dan ungkapan yang telah dipelajari
2.  Review berbagai jenis teks fungsional pendek yang sering dijumpai
3.  Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema/topik tertentu
4.  Menjawab berbagai pertanyaan terkait informasi dalam taeks fungsional yang didengar
5.  Menentukan tujuan komunikatif dari teks yang didengar

1.       Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik/jenis teks
2.       Eliciting cerita yang dikenal siswa
3.       Tanya jawab tentang salah satu cerita yang dikenal siswa
        - tokoh, tempat
          kejadian
        - problem, solusi,
          akhir cerita
4.    Mendengarkan cerita terkait tema/topik dari guru/teman
5.    Tanya jawab tentang informasi dalam cerita yang di dengar
 6.    Tanya jawab tentang tujuan  komunikatif dari teks yang di dengar
Tes tulis





















Tes tulis
Melengkapi rumpang




















Pilihan ganda
Listen to the dialogue and complete the following text.


















Listen to the text and choose the right answer
2 x 40 menit






















2 x 40 menit
1. Buku  teks yang relevan
2. Script teks fungsional pendek
3. Rekaman teks
4. Tape recorder
5. Contoh teks fungsional
6. Gambar yang relevan












1. Buku teks yang relevan
2. Script cerita naratif
3. Rekaman cerita
4. Tape recorder


























Standar Kompetensi : Berbicara
9.       Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon


Percakapan singkat memuat ungkapan – ungkapan :

A: Do you mind lending me some money?
B: No, problems

A: Can I have a bit?
B: Sure, here you are.

A: Here is some money for  you.
B: Sorry, I can’t take this.

A: Do you like it ?
B: Yes, I do.

A: Have you done it?
B:No, I haven’t.

A: Do you think it’s good?
B: I think it is / Sorry I can’t say any thing

A: Would you like some .....?
B: Yes, please / No, Thanks




Teks percakapan memuat ungkapan  berikut:
A: what if I do it again?
B: Fine with me.

A: I Must go now
B: Do you have to?

·   Right.
·   I see.
·   Hm...m yeah

·   Hello,excuse me
·   Did you? / Were you?
·   Thanks/ Bye / see you
·   Could I speak to ..?
·   Well,I’m calling to ...?
·   Nice talking to you.


1.       Mengembangkan kosakata terkait dengan jenis ungkapan dan tema/topik yang terkait

2.       Tanya jawab tentang berbagai hal menggunakan ungkapan terkait materi/topik.tema yang di pillih

3.       Menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi yang diucapkan guru

4.       Latihan bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara berpasangan
5.       Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan

1. Tanya jawab menggunakan berbagai kosakata dan ungkapan yang telah dipelajari
2. Mendengarkan yang memuat  ungkapan-ungkapan  yang telah dipelajari
3. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
4. Menjawab pertanyaan tentang makna dan fungsi ungkapan terkait
5. Menggunakan ungkapan – ungkapan terkait berdasarkan konteks
6. Bermain peran mengunakan ungkapan yang telah dipelajari


·          Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi,menolak jasa
·          Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi,menolak barang


·          Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi dan mengingkari informasi


·          Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi dan menolak pendapat


·          Bertanya dan menjawab tentang menawarkan,menerima,menolak sesuatu


·          Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi persetujuan
·          Bertanya dan menjawab tentang merespon pernyataan
·          Bertanya dan menjawab tentang memberi perhatian terhadap lawan bicara

·          Mengawali,memperpanjang menutup percakapan




·          Mengawali,memperpanjang menutup percakapan telepon


Tes lisan





























Tes lisan




Bermain peran





























Bermain peran

Create a dialogue based on the role cards and perform it in  front of the class

























Create a dialogue based on the role cards and perform it in front  of the class.




























2 x 40 menit





























2 x 40 menit

1. Buku teks yang relevan
2. Gambar yang relevan
3. Benda sekitar

























1. Buku teks yang relevan
2. Gambar yang relevan
3. Benda sekitar
4. Kartu peran












































Standar Kompetensi : Berbicara
10.   Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1     Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar






10.2     Mengungkap kan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative

·   Teks fungsional pendek :  
    - Undangan
    - Pengumuman 
    - Pesan singkat


















·          Teks monolog berbentuk narrative                   


1.       Review kosakata dan ungkapan yang digunakan dalam teks fungsional pendek terkait materi
2.       Membuat kalimat sederhana untuk:
-     mengundang
-     mengumumkan
-     memberi pesan
3.       Membahas gambit-gambit yang sering muncul dalam teks fungsional terkait
4.       Membuat  secara lisan:
-     undangan
-     pengumuman
-     pesan singkat


1.       Review kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks narrative dan tema yang dipilih
2.       Membuat kalimat sederhana secara lisan terkait ciri-ciri kebahasaan teks narrative
-        simple past
-        past continuous
-        temporal
      conjunctions
-        connective words
-        adverbs
-        adjectives
3.       Melakukan percakapan terkait cerita populer di kotanya menggunakan gambit-gambit yang sesuai.
Contoh: Really? That’s terrible!, How then?, First,...., then...., finally...
4.       Menceritakan kembali teks narative yang pernah didengar
5.       Menceritakan berdasarkan
Gambar cerita populer.

·          Mengungkapkan secara lisan teks fungsional :         - Pengumuman                    - Undangan                            - Pesan singkat
·          Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai info dalam teks pengumuman, undangan, pesan singkat









·          Melakukan monolog pendek sederhana dalam bentuk narrative dan recount

Tes lisan





















Tes lisan

Performance





















Performance

1. Invite your friend orally to join a discussion on the danger of drugs.
2. Give announcement orally about the plan of the trip to Borobudur Temple.
3. Tell your friend to wait for you after school.









1.       Retell a story that you know very well.
2.    Tell  a story based on the series of a pictures given.


2 x 40 menit





















4 x 40 menit

1. Buku teks yang relevan
2. Gambar terkait materi dan topik
3. Benda sekitar
4. Teks bentuk khusus:
-    undangan
-    pengumuman
-    pesan singkat












1.Buku teks      yang relevan
2.Gambar  yang relevan
3.Benda sekitar
4. Buku cerita  dalam bahasa Inggris





























Standar Kompetensi : Membaca
11.         Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
11.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan nararative
 
 
















11.2      Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar











·          Teks Essai berbentuk              narrative / recount             

·          Ciri kebahasaan
Teks Essai berbentuk           narrative / recount    
         
·          Tujuan komunikatif teks essai narratif / recount

·          Langkah retorika     narrative / recount      






















·   Teks fungsional :
  - undangan
  - pengumuman
  - pesan

·   Tujuan komunikatif


·   Ciri kebahasaan









      










1.       Tanya jawab mengembangkan kosakata berdasarkan gambar cerita popular
2.       Tanya jawab menggali informasi dalam cerita berdasarkan gambar
3.       Mendengarkan teks narrative / recount yang dibaca guru
4.       Membaca nyaring teks narrative / recount dengan ucapan dan intonasi yang benar
5.       Menjawab berbagai pertanyaan tentang informasi dalam teks yang di baca
6.       Menentukan tujuan komunikatif teks narrative / recount yang di baca
7.       Menentukan langkah retorika dari teks narrative / recount yang di baca
8.       Menentukan ciri  kebahasaan teks narrative / recount  yang di baca
9.       Membaca teks narrative / recount lainnya

1.       Mencermati teks fungsional pendek terkait materi
2.       Menyebutkan jenis teks fungsional yang dicermati
3.       Membaca nyaring teks fungsional terkait materi
4.       Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
5.       Menyebutkan ciri-ciri teks fungsional yang dibaca
6.       Membaca teks fungsional pendek lainnya dari berbagai sumber



·          Membaca nyaring dan bermakna teks essai berbentuk narrative / recount

·          Mengidentifikasi berbagai makna teks narrative / recount

·          Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks narrative / recount

·          Mengidentifikasi langkah retorika dan ciri kebahasaan teks narrative / recount 

















·          Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional


·          Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional

·          Mengindentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional


Tes lisan



Tes tulisan





























Tes tulis




























Membaca nyaring


Pilihan ganda



Isian singkat




Pertanyaan tertulis



















PG



















Read the story aloud.


Choose the right answer based on the text.

Complete the following sentences using the information from the text.

Answer the following questions based on the text.

















Choose the best option, a,b,c or d


















4 x 40 menit

































2 x 40 menit



1.Buku teks      yang relevan
2. Buku cerita bahasa Inggris
3. Gambar -  gambar terkait cerita
4. Rekaman cerita
5. Tape  recorder
6. CD
7. VCD player























1. Buku teks yang relevan
2. Contoh teks fungsional
3. Gambar terkait materi dan topik
4. Benda sekitar
























Standar Kompetensi : Menulis
12.   Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1.          Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


12.2.   Mengungkap kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk  recount dan narrative


Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat











·          Teks Essai  narrative / recount
·          Ciri kebahasaan teks narrative / recount
·          Langkah retorika teks narrative / recount


1.       Review tujuan komunikatif  dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait materi
2.       Menulis kalimat sederhana untuk mengundang, mengumumkan, pesan singkat
3.       Melengkapi taeks fungsional pendek
4.       Menulis teks fungsional pendek

1.       Review ciri kebahasaan teks narrative
2.       Membuat kalimat sederhana terkait teks narrative
3.       Mengembangkan langkah retorika teks recount dan narrative
4.       Membuat draft teks recount dan narrative
5.       Menulis teks  recount dan narrative berdasarkan draft yang dibuat
6.       Memajang hasil tulisan di dinding

Menulis teks fungsional pendek berbentuk :             - Pengumuman                   -  Undangan                        -  pesan singkat










Menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk     narrative  dengan langkah retorika yang benar

Tes tulis














Tes tertulis

Essay














Uraian

1. Write sentences based on the situation given.
2. Complete the text using suitable word/words.
3. Write a text of invitation on your  farewell party.






Write a short narrative text based on:
a. The story you have ever read.
b.  Series of pictures given.


2 x 40 menit














4 x 40 menit

1. Buku teks yang relevan
2. Contoh teks fungsional
3. Gambar terkait materi dan topik
4. Benda sekitar








1.Buku teks      yang relevan
2. Buku cerita bahasa Inggris
3. Gambar -  gambar terkait cerita

Mengetahui:
Kepala ....................................................                                                                                Guru Mata Pelajaran,





NIP/NRK                                                                                                                                NIP/NRK



Tidak ada komentar:

Posting Komentar