Minggu, 10 Agustus 2014

contoh silabus bahasa inggris kelas IX semester 1

Silabus



Sekolah                       : SMP.................
Kelas                            : IX (Sembilan )
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Semester                     : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.      Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan

Percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut
A.       Are you sure ?
B.       I am. It is confirmed

A.       Well... I am not sure
B.       Don’t worry




1.       Tanya jawab yang berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian, mengungkapkan dan menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan. Contoh:
Kepastian:  
-        of course I would     
-        I certainly would
Keraguan:
-          I don’t know
-          I can’t decide
2.       Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan materi
3.       Mengidentifikasikan gambit-gambit yang digunakan dalam percakapan
4.       Menjawab percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan

·    Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian


·    Merespon ungkapan mengungkapakan dan menganggapi keraguan


Tes lisan






Tes tertulis
Pertanyaan






- Pilihan ganda




-Melengkapi per cakapan
- Respond the teacher’s statement!
T: “Are you sure?
S: “.......”


- Choose the correct expression to complete the dialogue below

- Complete the dialogue according to the conversation!

2x40 menit
1.  Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)


2.       Script percakapan
3.       Buku teks yang relevan






Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman

Percakapan memuat ungkapan berikut :

I beg your pardon?/Pardon?

A. I’ve got good news!
B. Tell me more about it.

A. What a beautiful day!
B. It is. Shall we go to the beach ?

1.       Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik dan ungkapan terkait materi.
2.       Mengembangkan kosa kata terkait tema / topik yang dipilih.
3.       Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
4.       Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
5.       Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
6.       Merespon ungkapan yang diucapkan guru.

·    Merespon ungkapan meminta pengulangan

·    Merespon ungkapan menunjukan perhatian

·    Merespon ungkapan menyatakan kegaguman

Tes tulis
Isian singkat
Listen to the dialoque and complete the sentences.
2 x 40 menit
1.  Bahan-bahan rekaman (cassette, CD, VCD)


2.Script percakapan
Buku teks yang relevan

Standar Kompetensi : Mendengarkan
2. Memahami makna dalam     teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam
    konteks kehidupan  sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·       Teks fungsional /pendek
-          pesan singkat
-          iklan
-          pengumuman


1.       Tanya jawab tentang berbagai hal terkait dengan jenis teks fungsional yang akan dibahas dengan bantuan contoh / model.
2.       Membahas tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.
3.       Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.
4.       Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

·    Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, iklan dan pengumuman



·    Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, pesan singkat, iklan, pengumuman

Tes Tulis
Isian singkat
Listen to the text and complete the sentences.
2x40 menit
1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
2. Teks-teks  otentik berbentuk prosedur (misal, resep-resep masakan, manual)
3. Buku teks yang relevan

2.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Teks monolog berbentuk procedure dan report.





1.       Tanya jawab yang berkaitan dengan tema tertentu, misalnya photography
2.       Membahas langkah-langkah retorika berbentuk procedure/report dengan menggunakan ungkapan-ungkapan giving and demanding service
3.       Mendengarkan rekaman teks monolog berbentuk procedure/report
4.       Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks monolog procedure/report yang didengarkan

·    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monologpendek berbentuk procedure/report
·    Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks monolog berbentuk procedure/report
·    Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks monolog berbentuk procedure/report
Tes lisan





Tes tertulis
Unjuk kerja





Pilihan ganda



Melengkapi kalimat rumpang
-  Demonstrate how to operate a digital camera!
   The teacher  will read the instruction for you

-  Choose the correct answer.
  Listen carefully!
- Complete the sentences!
2x40 menit
1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
2. Teks monolog berbentuk prosedur
3. Teks-teks  otentik berbentuk prosedur (misal, resep-resep masakan, manual)


































Standar Kompetensi : Berbicara
  1. Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan


Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan:

A.       Are you sure ?
B.       I am. It is confirmed.


A.       Well... I am not sure.
B.       Don’t worry.













1.       Tanya jawab menggali kosakata terkait topik/tema yang dipelajari

2.       Menjawab / merespon ungkapan-ungkapan terkait materi

3.       Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan yang telah dipelajari

4.       Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

5.       Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan

·    Bertanya dan menjawab tentang meminta dan memberi kepastian

·    Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan dan menanggapi keraguan





Tes lisan


Performance

Create a dialogue based on the given situation and perform it in front of the class!



2 x 40 menit

1. Buku text  yang relevan

2. Gambar-gambar terkait tema

3.Benda benda sekitar

Kompetensi
Dasar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Materi
Pokok/Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar


Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman 
1.       Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema yang dipelajari.

2.       Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.


3.       Mendengarkan percakapan menggunakan ungkapan terkait.

4.       Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.


5.       Bermain peran melakukan percakapan.

·          Bertanya dan menjawab tentang meminta pengulangan

·          Bertanya dan menjawab tentang menunjukan perhatian

·          Bertanya dan menjawab tentang menyatakan kekaguman
Percakapan singkat memuat ungkapan berikut :

I beg your pardon?
/Pardon?


A. I’ve got good news!
B. Tell me more about
    It!

A. What a beautiful
    day!
B. It is. Shall we go to the beach ?

Tes lisan
Bermain peran
Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class!
2 x 40 menit
1. Buku teks  yang relevan

2. Gambar-gambar terkait tema

3.Benda benda sekitar

























Standar Kompetensi : Berbicara
  1. Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·         Teks fungsional / pendek
-          pesan singkat.
-          iklan.
-          pengumuman
1.       Tanya jawab tentang berbagai hal terkait jenis teks fungsional pendek yang akan dibahas.
2.       Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks.
3.       Membuat draft jenis teks fungsional :
-    pengumuman.
-    pesan singkat
-    iklan
4.       Menyampaikan secara lisan :
-    pengumuman.
-    pesan singkat
-    iklan

·          Menyampaikan pengumuman.
·          Menyampaikan pesan singkat.
·          Mempromosikan (mengiklankan sesuatu).

Tes Lisan
Performance
1.       Announce your school mates to gather in the lab after school!

2.       Tell your friend to wait for you after school!


3.       Promote the product from your village!


2 x 40 menit
1. Buku teks yang relevan

2. Gambar-gambar yang terkait tema

3. Benda-benda elektronik

4. Ruang multi media
4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

Teks monolog berbentuk procedure dan report.



1.       Tanya jawab tentang salah satu alat multi media (HP, computer, Tv, radio)
2.       Membuat kalimat perintah/pernyataan berdasarkan gambar kegiatan. Misal:
       - Press the
         menu button
       - Sellect the           number
       of  contact
3.       Tanya jawab tentang cara mengoperasikannya (how to make a call, how to operate computer, dsb) menggunakan gambit-gambit tertentu
       -  Can you show
          me.....
        - Sure/ I’m not sure           - Let me show you.  First...,  then..., finally.
4.   Melakukan monolog dalam bentuk procedure/report dengan bantuan gambar/urutan kegiatan

·         Melakukan monolog pendek dalam bentuk
-          Procedure/report


Tes lisan



Performance

 Please tell us how to send sms using your HP (alternative lain boleh dipilih)

Observe a certain kind of things you like best and report it to the class

4 x 40 menit

1. Buku teks yang relevan

2. Gambar-gambar yang terkait tema

3. Benda-benda elektronik

4. Ruang multi media




























Standar Kompetensi : Membaca
5.Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan 
    sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

5.1   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report


·          Teks monolog procedure/report
·          Makna gagasan teks procedure
·          Informasi factual
·          Informasi rinci
·          Informasi tersirat dalam teks procedure dan report
·          Tujuan komunikatif teks procedure dan alat

·          Langkah retorika
-    teks procedure (purpose material-steps)
-    teks report (identification-description)



1.         Tanya jawab tentang berbagai hal yang terkait tema/topik yang dipilih
2.         Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait tema terkait topik / jenis teks prosedur
3.         Tanya jawab tentang cara mengerjakan/membuat sesuatu
4.         Membaca teks prosedur
5.         Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi dalam teks prosedur
-        Tujuan  komunikatif
-          Bahan yang diperlukan
-          Cara melakukan.membuat sesuatu
-          Langkah retorika teks procedure/report
-          Ciri kebahasaan teks prosedur
6.    Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat 

·    Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks berbentuk procedure dan report

·    Mengidentifikasi berbagai informasi yang terdapat dalam teks berbentuk procedure dan report

·    Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks berbentuk procedure/report


·    Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks berbentuk procedure/report

·    Membaca nyaring teks berbentuk procedure/report





Tes tulis




Tes lisan

Pertanyaan
Bacaan



Membaca nyaring

Answer the following questions based on the text

Read the text aloud

4x40 menit

1.     Buku teks yang relevan
2.     Buku resep bahasa Inggris
3.     Gambar-gambar tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu
4.     Gambar terkait tema
5.     Realia
6.     CD
7.     CD player
8.     TV






Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

5.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure   dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima

·          Makna gagasan dan tekstual dalm teks fungsional/pengumuman, iklan dan pesan singkat

·          Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman












1.       Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibaca.
2.       Membahas kosa kata dan ungkapan yang digunakan dalam teks yang akan dibaca.
3.       Membaca teks fungsional pendek
4.       Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5.       Menyebutkan jenis teks yang dibaca dan tujuan komunikatifnya.
6.       Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca.
7.       Membaca nyaring

·    Mengidentifikasi makna yang terdapat teks fungsional pendek; pengumuman, iklan, pesan singkat


·    Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek, pengumuman


Tes Tulis



Tes lisan



Tes lisan
1.       Pilihan ganda


2.       Isian singkat



3.       Membaca nyaring
Choose the best option, a, b, c or d based on the text.

Complete the sentences based on the text.

Read the text aloud
2 x 40 menit
1.     Buku teks yang relevan.

2.     Contoh teks fungsional :
-    iklan.
-    pengumuman.
-    pesan singkat

3.     Gambar yang relevan




















Standar Kompetensi : Menulis
6.      Mengungkap kan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1   Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·          kalimat sederhana
-          imperatives
-          simple present

Teks fungsional pendek :
1. iklan
2. surat pribadi
1.       Tanya jawab berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibahas.
2.       Mengamati contoh-contoh teks fungsional pendek terkait materi.
3.       Menyebutkan ciri-ciri, tujuan komunikatif dari teks.
4.       Menulis kalimat pendek dan sederhana menggunakan unsur bahasa yang diperlukan.
5.       Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks.

·    Menulis kalimat pendek dan sederhana


·    Menulis teks fungsional pendek dan sederhana



Tes Tulis
Uraian
1.       Write simple sentences based on the picture given.
2.       Write an advertisement based on the picture
3.       Write a letter to your uncle telling him that you want to spend holiday in his town.


4 x 40 menit
1. Buku teks yang relevan

2. Buku resep bahasa Inggris

3. Gambar-gambar tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu

4. Gambar terkait tema

5. Realia


6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

·          kalimat acak dari teks procedure/report




·          teks monolog pendek berbentuk procedure/report
1.       Review berbagai hal tentang teks procedure
-        Tujuan komunikatif
-        Langkah retorika
-        Ciri kebahasaan
2.       Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait topik/jenis teks procedure
3.       Menyusun kalimat acak berdasarkan urutan gambar
4.       Menulis teks procedure berdasarkan perintah yang diberikan
·    Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report



·    Menulis essay berbentuk procedure






Tes tulis






Tes tulis
Menyusun kalimat





Uraian
Rearrange the following jumbled sentences in a good order.


Write a procedure text telling how to operate a computer

Write a report on a certain kind of thing or place around you.
4 x 40 menit
1Buku teks yang
   relevan

2.Buku resep
   bahasa Inggris

3.Gambar-gambar
   tentang cara-cara

4.melakukan/mem
   buat sesuatu

5.Gambar terkait
   tema

6.Realia








Mengetahui:
Kepala ....................................................                                                                                Guru Mata Pelajaran,






NIP/NRK                                                                                                                                NIP/NRK

















Silabus


Sekolah                       : SMP.................
Kelas                            : IX (Sembilan )
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Semester                     : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7.     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan  pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan



·   Ungkapan kesantunan, contoh:
- Could you please......?
- With pleasure.
- Would you mind repeating that?
- Sorry, what did you say?
- Oh thank you






1.       Tanya jawab menggunakan ungkapan kesantunan dalam percakapan transactional dan interpersonal
2.       Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun
3.       Mendengarkan percakapan-percakapan yang santun
4.       Mendengarkan gambit-gambit dalam percakapan yang santun
5.       Menjawab pertanyaan tentang struktur percakapan yang santun
6.       Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan

·   Merespon ungkapan kesantunan











Tes lisan



Tes tulis















Unjuk kerja

Isian singkat



Pilihan Ganda





Melengkapi



Benar/salah





 Merespon

Who are involved in the conversation?

Choose the right answer/response
for the following question/state
ment

Fill in the blank spaces with the right expressions

State whether the following statement is True or False .


Would you mind opening the door please?

4 x 40 menit

1. Script percakapan

2. Rekam an percakapan


3. CD, VCD, Film tentang percakapan



































Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita

Percakapan memuat:
·   Ungkapan memberi berita yang menarik perhatian, contoh:
A.      Guess what!  I’ve got good news!
B.      Please tell me. What is it?

·   Ungkapan memberi komentar tentang berita
A.      I got 10 for the English test
B.      Really ?? That’s fantastic!

1.      Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, ungkapan yang akan dibahas.
2.      Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
3.      Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
4.      Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
5.      Menentukan makna dan fungsi ungkapan dalam percakapan.

·         Merespon ungkapan memberi berita yang menarik perhatian

·          Merespon ungkapn memberi komentar terhadap berita
Tes Lisan




Tes Tulis

Merespon ungkapan



Melengkapi
Listen to the statement and give your response.

Listen to the conversation and complete the blank spaces.
2 x 40 menit
1.      Script percakapan
2.      Rekaman percakapan
3.      Tape recorder
4.      Buku yang relevan
5.      Gambar-gambar terkait tema / topik yang dipilih.



















Standar Kompetensi : Mendengarkan
8.      Memahami makna   dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·   Teks fungsional pendek:
-          iklan
-          surat pribadi

·   Ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi



1.      Tanya jawab tentang pengalaman siswa terkait tema, topik atau jenis teks yang akan dibahas.
2.      Membahas kosa kata dan tata bahasa yang digunakan dalam teks.
3.      Mendengarkan teks fungsional pendek.
4.      Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5.      Menyebutkan jenis teks, tujuan komunikatif dengan ciri-ciri teks yang didengar.




·   Mengidentifikasi makna dalam teks lisan fungsional pendek iklan, dan surat pribadi

·   Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan iklan dan surat pribadi


Tes Tulis
Jawaban singkat
Listen to the text, answer the questions.
2 x 40 menit
1.      Script teks fungsional.
2.      Rekaman teks fungsional.
3.      Tape recorder.
4.      Contoh teks fungsional
5.      Gambar yang relevan.
6.      Benda sekitar
7.      Lingkungan sekitar
















Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report   
·   Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
·   Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
·   Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·   Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk report
-          simple present tense
-          General nouns
-          Relating verbs, action verbs, istilah teknis



1.       Brain storming tentang laporan pengamatan terkait topik yang dipilih.
Misal: Reptiles in Comodo Island, dengan memperlihatkan gambar
2.       Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topok dan jenis teks narrative/report.
3.       Mendengarkan laporan pengamatan ayng menggunakan gambit-gam bit tertentu:
-          In general.....
-          One exception is....
4.       Menjawab pertanyaan tentang isi teks narrative/report
5.       Menjawab pertanyaan tujuan komunikatif dan langkah retorika dalam teks narrative/report
6.       Menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri kebahasaan teks report

·   Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative/report
·   Mengidentifikasi tujuan komunikatif dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·   Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks narrative/report



Tes lisan



Tes tulis
Pertanyaan



Pilihan ganda
Answer the questions orally


Choose the best answer by crossing a,b,c, or d
4x40 menit
1. script teks report
2. Gambar-gambar terkait tema
3. Rekaman teks report
4. kaset, CD, VCD, Film
5. TV, CD player, VCD player
6. Replika/model obyek tertentu



































Standar Kompetensi : Berbicara
9.     Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan


·   Percakapan memuat ungkapan kesantunan, contoh:
A.      Could you please ...?
B.      With pleasure.













1.         Tanya jawab terkait dengan ungkapan kesantunan berbicara dalam percakapan transaktional dan interpersonal
2.       Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun
3.         Menirukan percakapan yang santun
4.         Menirukan gambit-gambit yang santun:
-            Sorry, but.....
-            I’m not really interested in...
-          That’s very kind of you!

5.         Menggunakan ungkapan-ungkapan kesantunan secara berpasangan
6.         Bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan kesantuanan berdasarkan situasi yang sebenarnya


·   Bertanya dan menjawab tentang mengungkapkan kesantunan




Tes lisan



Performance





Interview

Perform a dialogue showing politeness with your friend in front of the class!

Answer the question orally and politely!



2 x 40 menit
1.Script percakapan
2.Rekaman percakapan
3. CD, VCD, Film tentang percakapan kesantu nan
4.Buku teks yang relevan










Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita

·   Ungkapan memberi berita yang menarik perhatian, contoh:
A.      Guess what! I’ve got hot news!
B.      Please tell me. What is it?

·   Ungkapan memberi komentar tentang berita
B.      I got 10 for the English test
C.      Really ?? That’s fantastic!


1.      Review ungkapan-ungkapan terkait materi.
2.      Menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi untuk bertanya jawab.
3.      Menggunakan gambit-gambit terkait materi berdasarkan konteks.
4.      Bermain peran melakukan percakapan.

·   Bertanya dan menjawab tentang memberi berita yang menarik perhatian





·   Bertanya dan menjawab tentang memberi komentar terhadap berita


Tes Lisan
Bermain peran
Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
2 x 40 menit
1.Script percakapan
2.Rekaman percakapan
3. CD, VCD, Film tentang percakapan kesantu nan
4.Buku teks yang relevan




Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan makna  dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1.Mengungkapkan makna dalam  teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·         Teks fungsional pengumuman.
·         Teks fungsional : - pesan-pesan singkat
·         Teks fungsional : -iklan
1.      Review jenis teks fungsional pendek terkait materi.
2.      Mengembangkan kosa kata dan tata bahasa terkait materi.
3.      Mendengarkan contoh-contoh :
-    pengumuman.
-    pesan singkat
-    iklan
4.      Berlatih menirukan pengumuman, pesan singkat dan iklan.
5.      Mengungkapakn secara lisan jenis teks terkait.


·         Mengungkapkan pengumuman singkat
·         Memberi pesa-pesan secara lisan
·         Mengiklankan sesuatu.
Tes Lisan
Performance
1.      Announce something to your friends..
2.      Tell your friends not to go home right away after class!
3.      Promote a certain product to your friend!

2 x 40 menit
1.      Buku teks yang relevan.
2.      Contoh teks fungsional terkait materi.
3.      Gambar yang relevan.
4.      Benda sekitar
5.      Koran, majalah.


















Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.2.Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative dan report

 Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
·   Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
·   Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·   Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk narrative/report
   Simple present tense
General nouns
Relating verbs, action verbs, istilah teknis


1.       Tanya jawab tentang topik tertentu misalnya: Reptiles in Comodo Island
2.       Membahas kosa kata dan tata bahasa terkait topik yang di pilih
3.       Mendeskripsikan reptiles dalam kalimat-kalimat dengan gambit gambit tertentu.
Mis:
   In  general....
         Usually...
         Some people
         say.....
4.       Berdiskusi dengan teman merencanakan teks monolg berbentuk narrative/report
5.       Melakukan monolog berbentuk narrative/report
·   Melakukan monolog singkat dalam bentuk narrative/report

Tes lisan
Performance
1. Describe  ..........


2. Report a certain animal or land orally!




4x40 menit
 1. Buku teks yang relevan
2. gambar gambar terkait topik
3. Realia
4. model benda-benda








Standar Kompetensi : Membaca
11.       Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk  narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
11.1.Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·         Teks fungsional pendek :
-    iklan
-    surat pribadi
1.      Review berbagai hal tentang iklan / surat pribadi.
-          tujuan.
-          bentuk
-          bahasa yang digunakan.
2.      Membahas kosa kata dan tata bahasa yang sulit.
3.      Membaca nyaring teks fungsional pendek.
4.      Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5.      Menentukan tujuan komunikatif teks terkait.

·         Membaca nyaring dan bermakna teks fungsional pendek :
-    iklan
-    surat pribadi
Tes Lisan
Membaca nyaring
Read the text aloud
2 x 40 menit
1.      Buku teks yang relevan.
2.      Contoh surat / iklan.
3.      Gambar yang relevan.

11.2Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·         Teks fungsional pendek
-          iklan
-          surat pribadi



·         Informasi dalam teks fungsional pendek
-          gagasan utama
-          informasi rinci
-          makna kata, frasa, kalimat


1.      Tanya jawab tentang berbagai hal terkait materi.
2.      Membaca teks fungsional pendek.
3.      Menjawab pertanyaan isi teks.
4.      Menjawab pertanyaan terkait :
-    jenis teks.
-    tujuan komunikatif
-    ciri  kebahasaan
-    langkah retorika

·         Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek iklan, dan surat pribadi


·         Mengidentifikasi berbagai informasi  dalam teks fungsional pendek iklan, dan surat pribadi



Tes Tulis
Pilihan Ganda
Choose the best option, a, b, c or d based on the text.
2 x 40 menit
1.      Buku teks yang relevan.
2.      Contoh surat / iklan.
3.      Gambar yang relevan.










Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
11.3Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report

·         Teks monolog berbentuk
-          narrative
-          report

·         Informasi dalam teks monolog narrative and report
-          gagasan utama
-          informasi rinci
-          informasi faktual

1.      Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, jenis teks.
2.      Membaca teks.
3.      Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
4.      Menjawab pertanyaan terkait :
-    jenis teks.
-    tujuan komunikatif.
-    langkah retorika
·         Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative and report.

·         Mengidentifikasi berbagai informasi  dalam teks monolog berbentuk narrative and report.

Tes Tulis
Uraian
Answer the questions based on the text.
2 x 40 menit
1.      Buku teks yang relevan.
2.      Contoh surat / iklan.
3.      Gambar yang relevan.


11.4 Membaca nyaring bermakna  teks tulis fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari



·         teks narrative/report terkait tema tertentu








1.      Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
2.      Mendengarkan teks report yang dibacakan guru/teman
3.      Menirukan teks yang dibaca guru/ teman
4.      Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang benar
5.      Menjawab berbagai pertanyaan tentang isi bacaan



·   Membaca nyaring dan bermakna teks monolog berbentuk ; narrative/Report





Tes lisan

Performance

Read the text aloud

2x40 menit

1. Buku teks yang relevan
2. Teks otentik dari jurnal, majalah, koran





























Standar Kompetensi : Menulis
12.       Mengungkapkan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk    narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
12.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

·         Teks fungsional pendek
-          iklan
-          surat pribadi
1.      Review berbagai hal terkait teks fungsional pendek
-          iklan
-          surat pribadi
2.      Menulis kalimat pendek dan sederhana terkait jenis teks.
3.      Membuat draft iklan / surat pribadi.
4.      Menulis iklan / surat pribadi.
5.      Memajang hasil tulisan.

·         Menulis kalimat-kalimat sederhana.
·         Menulis teks fungsional pendek
-          iklan
-          surat pribadi
Tes Tulis
Uraian
1.      Write an advertisement based on the picture.
2.      Write a letter to your friend telling your plan in the coming holiday.


2 x 40 menit
1.      Buku teks yang relevan
2.      Teks otentik dari jurnal, majalah, koran
12.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report


·   Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
·   Tujuan komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
·   Langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·   Ciri-ciri kebahasaan teks monolog berbentuk narrative/report
·   simple present tense
·   General nouns
·   Relating verbs, action verbs, istilah teknis

1.       Tanya jawab yang berkaitan dengan laporan pengamatan (report ) tentang topik tertentu. Misalnya: Reptiles in Comodo Island dengan memperlihatkan gambar/replika
2.       Membahas kosakata, tata bahasa: general noun, relating verbs, action verbs, present tense, istilah-istilah, paragraph dengan topic sentence.
3.       Menulis kalimat menggunakan kosakata dan tata bahasa yang sudah dibahas.
4.       Menyusun kalimat acak menjadi teks report yang padu.
5.       Menulis draft teks report sederhana bersama teman
6.       Mengembangkan draft menjadi teks report yang lengkap
7.       Menulis teks report sendiri secara bebas
·         Menulis kalimat-kalimat descripsi yang sederhana
·         Menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative/report
·         Menulis teks essay berbentuk narrative/report





Tes tulis
Jumbled sentences



Essay bebas
Rearrange the following sentences into  a good paragraph!

Write a report about a certain animal or plant!

Write a simple short story in your words.
2x 40 menit
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar / replika
3. Objek/ lingkungan sekitar



Mengetahui:
Kepala ....................................................                                                                                Guru Mata Pelajaran,






NIP/NRK                                                                                                                                NIP/NRK






Tidak ada komentar:

Posting Komentar