Silabus
Sekolah :
SMP.................
Kelas :
IX (Sembilan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
Percakapan
memuat ungkapan-ungkapan berikut
A.
Are you sure ?
B.
I am. It is confirmed
A.
Well... I am not sure
B.
Don’t worry
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian,
mengungkapkan dan menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan.
Contoh:
Kepastian:
-
of course I would
-
I certainly would
Keraguan:
-
I don’t know
-
I can’t decide
2. Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan materi
3. Mengidentifikasikan gambit-gambit yang digunakan dalam percakapan
4. Menjawab percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan
|
· Merespon
ungkapan meminta dan memberi kepastian
· Merespon
ungkapan mengungkapakan dan menganggapi keraguan
|
Tes
lisan
Tes tertulis
|
Pertanyaan
- Pilihan ganda
-Melengkapi per cakapan
|
- Respond the teacher’s
statement!
T: “Are you sure?
S:
“.......”
-
Choose the correct expression to complete the dialogue below
-
Complete the dialogue according to the conversation!
|
2x40 menit
|
1. Bahan-bahan rekaman (cassette,
CD, VCD)
2. Script percakapan
3. Buku teks yang relevan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan
perhatian, dan menyatakan kekaguman
|
Percakapan memuat ungkapan berikut :
I beg your pardon?/Pardon?
A. I’ve got good news!
B. Tell me more about it.
A. What a beautiful day!
B. It is. Shall we go to
the beach ?
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik dan ungkapan
terkait materi.
2. Mengembangkan kosa kata terkait tema / topik yang dipilih.
3. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
4. Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
5. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
6. Merespon ungkapan yang diucapkan guru.
|
· Merespon
ungkapan meminta pengulangan
· Merespon
ungkapan menunjukan perhatian
· Merespon
ungkapan menyatakan kegaguman
|
Tes tulis
|
Isian singkat
|
Listen
to the dialoque and complete the sentences.
|
2 x 40 menit
|
1. Bahan-bahan rekaman (cassette,
CD, VCD)
2.Script percakapan
Buku teks yang relevan
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam
konteks
kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional /pendek
-
pesan singkat
-
iklan
-
pengumuman
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait dengan jenis teks fungsional
yang akan dibahas dengan bantuan contoh / model.
2. Membahas tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional
pendek terkait tema / topik tertentu.
3. Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.
4. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
|
·
Mengidentifikasi makna
dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, iklan dan pengumuman
·
Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, pesan singkat,
iklan, pengumuman
|
Tes Tulis
|
Isian singkat
|
Listen to the text and
complete the sentences.
|
2x40
menit
|
1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
2. Teks-teks otentik berbentuk
prosedur (misal, resep-resep masakan, manual)
3. Buku teks yang relevan
|
2.2. Merespon makna yang terdapat
dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
Teks monolog
berbentuk procedure dan report.
|
1.
Tanya jawab yang
berkaitan dengan tema tertentu, misalnya photography
2. Membahas langkah-langkah retorika berbentuk procedure/report dengan menggunakan ungkapan-ungkapan giving and
demanding service
3.
Mendengarkan rekaman teks
monolog berbentuk procedure/report
4. Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks monolog procedure/report yang didengarkan
|
·
Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks monologpendek berbentuk procedure/report
·
Mengidentifikasi langkah
retorika dalam teks monolog berbentuk procedure/report
·
Mengidentifikasi tujuan
komunikatif teks monolog berbentuk procedure/report
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Unjuk kerja
Pilihan ganda
Melengkapi kalimat rumpang
|
- Demonstrate how to
operate a digital camera!
The teacher will read the instruction for you
- Choose the correct
answer.
Listen carefully!
- Complete the sentences!
|
2x40
menit
|
1. Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
2. Teks monolog berbentuk prosedur
3. Teks-teks otentik berbentuk
prosedur (misal, resep-resep masakan, manual)
|
Standar Kompetensi : Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak
tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi
keraguan
|
Percakapan singkat memuat
ungkapan-ungkapan:
A.
Are you sure ?
B.
I am. It is confirmed.
A.
Well... I am not sure.
B.
Don’t worry.
|
1. Tanya jawab menggali kosakata terkait topik/tema yang dipelajari
2. Menjawab / merespon ungkapan-ungkapan terkait materi
3. Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan yang telah dipelajari
4. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
5. Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan
|
· Bertanya
dan menjawab tentang meminta dan memberi kepastian
· Bertanya
dan menjawab tentang mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
Tes
lisan
|
Performance
|
Create
a dialogue based on the given situation and perform it in front of the class!
|
2
x 40 menit
|
1. Buku text yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3.Benda benda sekitar
|
Kompetensi
Dasar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
|
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||
3.2 Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan,
menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
|
1. Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema yang dipelajari.
2. Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
3. Mendengarkan percakapan menggunakan ungkapan terkait.
4. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
5. Bermain peran melakukan percakapan.
|
·
Bertanya dan menjawab tentang meminta
pengulangan
·
Bertanya dan menjawab tentang
menunjukan perhatian
·
Bertanya dan menjawab tentang
menyatakan kekaguman
|
Percakapan singkat memuat ungkapan berikut
:
I beg your pardon?
/Pardon?
A. I’ve got good news!
B. Tell me more about
It!
A. What a beautiful
day!
B. It is. Shall we go to
the beach ?
|
Tes
lisan
|
Bermain
peran
|
Create
a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class!
|
2
x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar terkait tema
3.Benda benda sekitar
|
Standar Kompetensi : Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Mengungkapkan makna dalam
bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional / pendek
-
pesan singkat.
-
iklan.
-
pengumuman
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait jenis teks fungsional pendek
yang akan dibahas.
2. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks.
3. Membuat draft jenis teks fungsional :
- pengumuman.
- pesan singkat
- iklan
4. Menyampaikan secara lisan :
- pengumuman.
- pesan singkat
- iklan
|
·
Menyampaikan pengumuman.
·
Menyampaikan pesan
singkat.
·
Mempromosikan
(mengiklankan sesuatu).
|
Tes Lisan
|
Performance
|
1.
Announce your school mates to gather in the lab after school!
2.
Tell your friend to wait for you after school!
3.
Promote the product from your village!
|
2
x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar yang terkait tema
3. Benda-benda elektronik
4. Ruang multi media
|
4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
Teks monolog berbentuk procedure dan report.
|
1. Tanya jawab tentang salah satu alat multi media (HP, computer, Tv, radio)
2. Membuat kalimat perintah/pernyataan berdasarkan gambar kegiatan. Misal:
- Press the
menu button
- Sellect the number
of
contact
3. Tanya jawab tentang cara mengoperasikannya (how to make a call, how to operate computer, dsb) menggunakan
gambit-gambit tertentu
- Can you show
me.....
- Sure/ I’m not sure - Let me show you. First...,
then..., finally.
4.
Melakukan monolog dalam bentuk procedure/report
dengan bantuan gambar/urutan kegiatan
|
·
Melakukan monolog pendek
dalam bentuk
-
Procedure/report
|
Tes lisan
|
Performance
|
Please tell us how to send sms using your HP
(alternative lain boleh dipilih)
Observe
a certain kind of things you like best and report it to the class
|
4
x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar-gambar yang terkait tema
3. Benda-benda elektronik
4. Ruang multi media
|
Standar Kompetensi : Membaca
5.Memahami makna teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1
Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk procedure dan report
|
·
Teks monolog procedure/report
·
Makna gagasan teks procedure
·
Informasi factual
·
Informasi rinci
·
Informasi tersirat dalam
teks procedure dan report
·
Tujuan komunikatif teks procedure dan alat
·
Langkah retorika
- teks procedure (purpose
material-steps)
- teks report (identification-description)
|
1.
Tanya jawab tentang
berbagai hal yang terkait tema/topik yang dipilih
2.
Mengembangkan kosakata
dan kalimat terkait tema terkait topik / jenis teks prosedur
3.
Tanya jawab tentang cara
mengerjakan/membuat sesuatu
4.
Membaca teks prosedur
5.
Menjawab pertanyaan
tentang berbagai informasi dalam teks prosedur
-
Tujuan komunikatif
-
Bahan yang diperlukan
-
Cara melakukan.membuat
sesuatu
-
Langkah retorika teks procedure/report
-
Ciri kebahasaan teks
prosedur
6. Membaca nyaring dengan ucapan
dan intonasi yang tepat
|
· Mengidentifikasi
makna gagasan dalam teks berbentuk procedure
dan report
· Mengidentifikasi
berbagai informasi yang terdapat dalam teks berbentuk procedure dan report
· Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks berbentuk procedure/report
· Mengidentifikasi
langkah retorika dalam teks berbentuk procedure/report
· Membaca
nyaring teks berbentuk procedure/report
|
Tes
tulis
Tes
lisan
|
Pertanyaan
Bacaan
Membaca nyaring
|
Answer
the following questions based on the text
Read
the text aloud
|
4x40
menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Buku resep bahasa Inggris
3. Gambar-gambar tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu
4. Gambar terkait tema
5. Realia
6. CD
7. CD player
8. TV
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.2.Merespon makna
yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3. Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan
esei pendek sederhana berbentuk procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima
|
·
Makna gagasan dan
tekstual dalm teks fungsional/pengumuman, iklan dan pesan singkat
·
Ciri kebahasaan teks
fungsional pengumuman
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang
akan dibaca.
2. Membahas kosa kata dan ungkapan yang digunakan dalam teks yang akan
dibaca.
3. Membaca teks fungsional pendek
4. Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5. Menyebutkan jenis teks yang dibaca dan tujuan komunikatifnya.
6. Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca.
7. Membaca nyaring
|
· Mengidentifikasi
makna yang terdapat teks fungsional pendek; pengumuman, iklan, pesan singkat
· Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks fungsional pendek, pengumuman
|
Tes
Tulis
Tes
lisan
Tes
lisan
|
1. Pilihan ganda
2. Isian singkat
3. Membaca nyaring
|
Choose
the best option, a, b, c or d based on the text.
Complete
the sentences based on the text.
Read
the text aloud
|
2
x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan.
2. Contoh teks fungsional :
- iklan.
- pengumuman.
- pesan singkat
3. Gambar yang relevan
|
Standar Kompetensi : Menulis
6.
Mengungkap kan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk procedure dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1
Mengungkapkan makna dalam
bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
·
kalimat sederhana
-
imperatives
-
simple present
Teks fungsional
pendek :
1. iklan
2. surat pribadi
|
1. Tanya jawab berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan
dibahas.
2. Mengamati contoh-contoh teks fungsional pendek terkait materi.
3. Menyebutkan ciri-ciri, tujuan komunikatif dari teks.
4. Menulis kalimat pendek dan sederhana menggunakan unsur bahasa yang
diperlukan.
5. Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks.
|
· Menulis
kalimat pendek dan sederhana
· Menulis
teks fungsional pendek dan sederhana
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
1.
Write simple sentences based on the picture given.
2.
Write an advertisement based on the picture
3.
Write a letter to your uncle telling him that you want to spend holiday
in his town.
|
4
x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Buku resep bahasa Inggris
3. Gambar-gambar tentang cara-cara melakukan/membuat sesuatu
4. Gambar terkait tema
5. Realia
|
6.2 Mengungkapkan makna
dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan
report
|
·
kalimat acak dari teks procedure/report
·
teks monolog pendek
berbentuk procedure/report
|
1.
Review berbagai hal tentang teks procedure
-
Tujuan komunikatif
-
Langkah retorika
-
Ciri kebahasaan
2.
Mengembangkan kosakata
dan kalimat terkait topik/jenis teks procedure
3. Menyusun kalimat acak berdasarkan urutan gambar
4. Menulis teks procedure berdasarkan
perintah yang diberikan
|
· Menyusun
kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report
· Menulis
essay berbentuk procedure
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Menyusun
kalimat
Uraian
|
Rearrange
the following jumbled sentences in a good order.
Write
a procedure text telling how to operate a computer
Write
a report on a certain kind of thing or place around you.
|
4
x 40 menit
|
1Buku teks yang
relevan
2.Buku resep
bahasa Inggris
3.Gambar-gambar
tentang cara-cara
4.melakukan/mem
buat sesuatu
5.Gambar terkait
tema
6.Realia
|
Mengetahui:
Kepala
.................................................... Guru
Mata Pelajaran,


Silabus
Sekolah :
SMP.................
Kelas :
IX (Sembilan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7.
Memahami makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan
kesantunan
|
· Ungkapan
kesantunan, contoh:
- Could you please......?
- With pleasure.
- Would you mind repeating that?
- Sorry, what did you say?
- Oh thank you
|
1. Tanya jawab menggunakan ungkapan kesantunan dalam percakapan
transactional dan interpersonal
2. Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang
santun
3. Mendengarkan percakapan-percakapan yang santun
4. Mendengarkan gambit-gambit dalam percakapan yang santun
5. Menjawab pertanyaan tentang struktur percakapan yang santun
6. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
|
· Merespon
ungkapan kesantunan
|
Tes
lisan
Tes
tulis
Unjuk
kerja
|
Isian
singkat
Pilihan
Ganda
Melengkapi
Benar/salah
Merespon
|
Who
are involved in the conversation?
Choose
the right answer/response
for
the following question/state
ment
Fill
in the blank spaces with the right expressions
State
whether the following statement is True or False .
Would
you mind opening the door please?
|
4
x 40 menit
|
1.
Script
percakapan
2.
Rekam an percakapan
3.
CD, VCD, Film tentang percakapan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi
berita yang menarik perhatian, dan memberi komentar terhadap berita
|
Percakapan memuat:
· Ungkapan
memberi berita yang menarik perhatian, contoh:
A.
Guess
what! I’ve got good news!
B.
Please
tell me. What is it?
· Ungkapan
memberi komentar tentang berita
A.
I got
10 for the English test
B.
Really
?? That’s fantastic!
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, ungkapan yang akan
dibahas.
2. Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
3. Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
4. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
5. Menentukan makna dan fungsi ungkapan dalam percakapan.
|
·
Merespon ungkapan memberi berita yang
menarik perhatian
·
Merespon ungkapn memberi komentar
terhadap berita
|
Tes
Lisan
Tes
Tulis
|
Merespon ungkapan
Melengkapi
|
Listen
to the statement and give your response.
Listen
to the conversation and complete the blank spaces.
|
2
x 40 menit
|
1. Script percakapan
2. Rekaman
percakapan
3.
Tape
recorder
4. Buku
yang relevan
5. Gambar-gambar
terkait tema / topik yang dipilih.
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
8.
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
· Teks
fungsional pendek:
-
iklan
-
surat pribadi
· Ciri-ciri
kebahasaan iklan dan surat pribadi
|
1. Tanya jawab tentang pengalaman siswa terkait tema, topik atau jenis teks
yang akan dibahas.
2. Membahas kosa kata dan tata bahasa yang digunakan dalam teks.
3. Mendengarkan teks fungsional pendek.
4. Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5. Menyebutkan jenis teks, tujuan komunikatif dengan ciri-ciri teks yang
didengar.
|
·
Mengidentifikasi makna dalam teks lisan
fungsional pendek iklan, dan surat pribadi
·
Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan
iklan dan surat pribadi
|
Tes
Tulis
|
Jawaban singkat
|
Listen
to the text, answer the questions.
|
2
x 40 menit
|
1. Script teks fungsional.
2. Rekaman teks fungsional.
3. Tape recorder.
4. Contoh teks fungsional
5. Gambar yang relevan.
6. Benda sekitar
7. Lingkungan sekitar
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.2. Merespon
makna yang terdapat dalam monolog
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
· Teks
monolog berbentuk narrative/report
terkait tema tertentu
· Tujuan
komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
· Langkah
retorika teks monolog berbentuk narrative/report
· Ciri-ciri
kebahasaan teks monolog berbentuk report
-
simple
present tense
-
General
nouns
-
Relating
verbs, action verbs, istilah teknis
|
1. Brain storming tentang laporan pengamatan terkait topik yang dipilih.
Misal:
Reptiles in Comodo Island, dengan
memperlihatkan gambar
2.
Membahas kosakata dan
tata bahasa terkait topok dan jenis teks narrative/report.
3. Mendengarkan laporan pengamatan ayng menggunakan gambit-gam bit tertentu:
-
In general.....
-
One exception is....
4. Menjawab pertanyaan tentang isi teks narrative/report
5. Menjawab pertanyaan tujuan komunikatif dan langkah retorika dalam teks narrative/report
6.
Menjawab pertanyaan
tentang ciri-ciri kebahasaan teks report
|
·
Mengidentifikasi makna dalam teks
monolog berbentuk narrative/report
·
Mengidentifikasi tujuan komunikatif
dan langkah retorika teks monolog berbentuk narrative/report
·
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks
narrative/report
|
Tes lisan
Tes
tulis
|
Pertanyaan
Pilihan ganda
|
Answer
the questions orally
Choose
the best answer by crossing a,b,c, or d
|
4x40
menit
|
1. script teks report
2. Gambar-gambar terkait tema
3.
Rekaman teks report
4. kaset, CD, VCD, Film
5. TV, CD player, VCD player
6. Replika/model obyek tertentu
|
Standar Kompetensi : Berbicara
9.
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan
kesantunan
|
· Percakapan
memuat ungkapan kesantunan, contoh:
A.
Could
you please ...?
B.
With
pleasure.
|
1.
Tanya jawab terkait
dengan ungkapan kesantunan berbicara dalam percakapan transaktional dan
interpersonal
2. Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang
santun
3.
Menirukan percakapan yang
santun
4.
Menirukan gambit-gambit
yang santun:
-
Sorry, but.....
-
I’m not really interested in...
-
That’s very kind of you!
5.
Menggunakan
ungkapan-ungkapan kesantunan secara berpasangan
6.
Bertanya dan menjawab
menggunakan ungkapan kesantuanan berdasarkan situasi yang sebenarnya
|
· Bertanya
dan menjawab tentang mengungkapkan kesantunan
|
Tes
lisan
|
Performance
Interview
|
Perform
a dialogue showing politeness with your friend in front of the class!
Answer
the question orally and politely!
|
2
x 40 menit
|
1.Script percakapan
2.Rekaman
percakapan
3.
CD, VCD, Film tentang percakapan kesantu nan
4.Buku
teks yang relevan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi
komentar terhadap berita
|
· Ungkapan
memberi berita yang menarik perhatian, contoh:
A.
Guess
what! I’ve got hot news!
B.
Please
tell me. What is it?
· Ungkapan
memberi komentar tentang berita
B.
I got
10 for the English test
C.
Really
?? That’s fantastic!
|
1. Review ungkapan-ungkapan terkait materi.
2. Menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi untuk bertanya jawab.
3. Menggunakan gambit-gambit terkait materi berdasarkan konteks.
4. Bermain peran melakukan percakapan.
|
· Bertanya
dan menjawab tentang memberi berita yang menarik perhatian
· Bertanya
dan menjawab tentang memberi komentar terhadap berita
|
Tes Lisan
|
Bermain peran
|
Create
a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class.
|
2
x 40 menit
|
1.Script
percakapan
2.Rekaman
percakapan
3.
CD, VCD, Film tentang percakapan kesantu nan
4.Buku
teks yang relevan
|
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan makna
dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1.Mengungkapkan makna dalam
teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional pengumuman.
·
Teks fungsional : - pesan-pesan
singkat
·
Teks fungsional : -iklan
|
1. Review jenis teks fungsional pendek terkait materi.
2. Mengembangkan kosa kata dan tata bahasa terkait materi.
3. Mendengarkan contoh-contoh :
- pengumuman.
- pesan singkat
- iklan
4. Berlatih menirukan pengumuman, pesan singkat dan iklan.
5. Mengungkapakn secara lisan jenis teks terkait.
|
·
Mengungkapkan pengumuman singkat
·
Memberi pesa-pesan secara lisan
·
Mengiklankan sesuatu.
|
Tes
Lisan
|
Performance
|
1.
Announce something to your friends..
2.
Tell your friends not to go home right away after class!
3.
Promote a certain product to your friend!
|
2
x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan.
2. Contoh teks fungsional terkait materi.
3. Gambar yang relevan.
4. Benda sekitar
5. Koran, majalah.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.2.Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari berbentuk narrative dan report
|
Teks monolog
berbentuk narrative/report terkait
tema tertentu
· Tujuan
komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
· Langkah
retorika teks monolog berbentuk narrative/report
· Ciri-ciri
kebahasaan teks monolog berbentuk narrative/report
Simple
present tense
General nouns
Relating verbs, action verbs, istilah teknis
|
1. Tanya jawab tentang topik tertentu misalnya: Reptiles in Comodo Island
2. Membahas kosa kata dan tata bahasa terkait topik yang di pilih
3. Mendeskripsikan reptiles dalam kalimat-kalimat dengan gambit gambit
tertentu.
Mis:
In general....
Usually...
Some
people
say.....
4. Berdiskusi dengan teman merencanakan teks monolg berbentuk narrative/report
5. Melakukan monolog berbentuk narrative/report
|
·
Melakukan monolog singkat dalam
bentuk narrative/report
|
Tes
lisan
|
Performance
|
1.
Describe ..........
2.
Report a certain animal or land orally!
|
4x40
menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. gambar gambar terkait topik
3. Realia
4. model benda-benda
|
Standar Kompetensi : Membaca
11.
Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.1.Membaca nyaring bermakna teks
tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional pendek :
-
iklan
-
surat pribadi
|
1. Review berbagai hal tentang iklan / surat pribadi.
-
tujuan.
-
bentuk
-
bahasa yang digunakan.
2. Membahas kosa kata dan tata bahasa yang sulit.
3. Membaca nyaring teks fungsional pendek.
4. Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5. Menentukan tujuan komunikatif teks terkait.
|
·
Membaca nyaring dan bermakna teks
fungsional pendek :
-
iklan
-
surat pribadi
|
Tes
Lisan
|
Membaca
nyaring
|
Read
the text aloud
|
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan.
2. Contoh surat / iklan.
3. Gambar yang relevan.
|
11.2Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional pendek
-
iklan
-
surat pribadi
·
Informasi dalam teks fungsional
pendek
-
gagasan utama
-
informasi rinci
-
makna kata, frasa, kalimat
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait materi.
2. Membaca teks fungsional pendek.
3. Menjawab pertanyaan isi teks.
4. Menjawab pertanyaan terkait :
- jenis teks.
- tujuan komunikatif
- ciri kebahasaan
- langkah retorika
|
·
Mengidentifikasi makna dalam teks
fungsional pendek iklan, dan surat pribadi
·
Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks fungsional pendek
iklan, dan surat pribadi
|
Tes
Tulis
|
Pilihan
Ganda
|
Choose
the best option, a, b, c or d based on the text.
|
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan.
2. Contoh surat / iklan.
3. Gambar yang relevan.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11.3Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
·
Teks monolog berbentuk
-
narrative
-
report
·
Informasi dalam teks monolog narrative and report
-
gagasan utama
-
informasi rinci
-
informasi faktual
|
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, jenis teks.
2. Membaca teks.
3. Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
4. Menjawab pertanyaan terkait :
- jenis teks.
- tujuan komunikatif.
- langkah retorika
|
·
Mengidentifikasi makna dalam teks
monolog berbentuk narrative and report.
·
Mengidentifikasi berbagai
informasi dalam teks monolog berbentuk
narrative and report.
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
Answer
the questions based on the text.
|
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan.
2. Contoh surat / iklan.
3. Gambar yang relevan.
|
11.4 Membaca nyaring bermakna teks
tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
teks narrative/report terkait tema tertentu
|
1. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
2. Mendengarkan teks report yang dibacakan guru/teman
3. Menirukan teks yang dibaca guru/ teman
4. Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang benar
5. Menjawab berbagai pertanyaan tentang isi bacaan
|
· Membaca
nyaring dan bermakna teks monolog berbentuk ; narrative/Report
|
Tes
lisan
|
Performance
|
Read
the text aloud
|
2x40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Teks otentik dari jurnal, majalah, koran
|
Standar Kompetensi : Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional pendek
-
iklan
-
surat pribadi
|
1. Review berbagai hal
terkait teks fungsional pendek
-
iklan
-
surat pribadi
2. Menulis
kalimat pendek dan sederhana terkait jenis teks.
3. Membuat
draft iklan / surat pribadi.
4. Menulis
iklan / surat pribadi.
5. Memajang
hasil tulisan.
|
·
Menulis kalimat-kalimat sederhana.
·
Menulis teks fungsional pendek
-
iklan
-
surat pribadi
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
1.
Write an advertisement based on the picture.
2.
Write a letter to your friend telling your plan in the coming holiday.
|
2 x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Teks otentik dari jurnal, majalah, koran
|
12.2. Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk narrative dan report
|
· Teks
monolog berbentuk narrative/report
terkait tema tertentu
· Tujuan
komunikatif teks monolog berbentuk narrative/report
· Langkah
retorika teks monolog berbentuk narrative/report
· Ciri-ciri
kebahasaan teks monolog berbentuk narrative/report
· simple present tense
· General nouns
· Relating verbs, action verbs,
istilah teknis
|
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan laporan pengamatan (report ) tentang topik tertentu. Misalnya: Reptiles in Comodo Island dengan memperlihatkan gambar/replika
2. Membahas kosakata, tata bahasa: general
noun, relating verbs, action verbs, present tense, istilah-istilah,
paragraph dengan topic sentence.
3. Menulis kalimat menggunakan kosakata dan tata bahasa yang sudah dibahas.
4. Menyusun kalimat acak menjadi teks report
yang padu.
5. Menulis draft teks report sederhana bersama teman
6. Mengembangkan draft menjadi teks report yang lengkap
7. Menulis teks report sendiri
secara bebas
|
·
Menulis kalimat-kalimat descripsi
yang sederhana
·
Menyusun kalimat acak menjadi teks essay berbentuk narrative/report
·
Menulis teks essay berbentuk narrative/report
|
Tes
tulis
|
Jumbled
sentences
Essay
bebas
|
Rearrange
the following sentences into a good
paragraph!
Write
a report about a certain animal or plant!
Write
a simple short story in your words.
|
2x 40 menit
|
1. Buku teks yang relevan
2. Gambar / replika
3. Objek/ lingkungan sekitar
|
Mengetahui:
Kepala
.................................................... Guru
Mata Pelajaran,


Tidak ada komentar:
Posting Komentar